Rumput Gajah, Alternatif Pakan Ternak Yang Murah dan Mudah

oleh -69 views
Rumput Gajah
Ilustrasi Rumput Gajah - Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Salah satu yang menjadi pertimbangan dalam anggaran bagi para peternak yaitu biaya pakan. Tak jarang sebagian peternak cukup kesulitan dalam pemenuhan pakan untuk ternaknya.

Walaupun berbagai inovasi dan pengembangan teknologi dalam mempermudah pakan ternak yang ada. Akan tetapi terkadang ada beberapa kendala yang dihadapi sesuai dengan ternak yang dipelihara.

Jika anda memelihara sapi, kambing, maupun domba salah satu alternatifnya yaitu dengan menanam rumput gajah sebagai pakan ternaknya. Dikutip dari laman Kementerian Pertanian, rumput gajah atau rumput napier merupakan salah satu jenis hijauan pakan ternak yang berkualitas dan disukai ternak.

Jenis rumput dengan nama latin Pennisetum purpureum ini relatif mudah untuk ditanam. Selain itu, rumput ini juga tahan terhadap pemupukan serta menghendaki tingkat kesuburan tanah yang tinggi.

Baca Juga :   Domba Merino, Primadona Para Peternak Domba

Rumput gajah hidup merumpun dengan perakaran serabut yang kompak, dan terus menghasilkan anakan apabila dipangkas secara teratur.

Proses penanaman rumput gajah dapat diolah pada akhir musim kemarau, sehingga memasuki awal musim penghujan rumput sudah siap untuk ditanam. Lebih lanjut pembuatan lubang tanam dengan jarak sekitar 600 x 100 sentimeter.

Untuk pemberian pupuknya sendiri bisa dilakukan dua kali dalam setahun dengan pupuk P dan K. Adapun pupuk N juga dapat diberikan pada setiap 2 sampai dengan 4 kali pemotongan dengan dosis sekitar 200 kilogram untuk lahan 1 hektar.

Untuk proses pemotongan sendiri dapat dilakukan pada usia rumput mencapai 60 hari. Adapun pada musim penghujan dapat dilakuakn setiap 40 hari sekali.

Saat pemotongan, penyisaan rumput sekitar 10 sentimeter perlu dilakukan agar rumput dapat tumbuh dan berkembang lebih baik.

Baca Juga :   Cegah Penyakit Jembrana Dengan Galakkan Vaksin Sapi

Ada juga jenis varietas rumput gajah mini (Pennisetum purpureum cv. Mott) yang mempunyai keunggulan memiliki produksi yang tinggi dan sangat mudah berkembang, dimusim hujan biasanya batangnya lebih lunak sehingga sangat disukai kambing atau domba.

Rumput gajah mini atau yang biasa disebut rumput odot juga memiliki karakteristik mempunyai anakan yang banyak. Sehingga dalam 2 kali masa panen bisa mencapai 20 anakan setiap rumpunnya, ini hanya berawal dari 1 batang rumput odot yang ditanam.

Oleh karena itu, anda cukup menanam sekali dan dapat di panen berkali-kali. Hal ini tentunya akan dapat memberikan alternatif untuk pakan ternak yang mudah dan murah.

Komentar