Pohon Karet, Tumbuhan Tahunan yang Mampu Bertahan Lama

oleh -460 views
Pohon Karet
Istockphoto

Panennews.com – Pohon karet adalah tumbuhan yang menghasilkan getah. Tumbuhan ini termasuk dalam jenis pohon yang memiliki jangka waktu hidup sangat lama, yakni sekitar 30 tahun. Di Indonesia, keberadaan pohon ini juga sudah tersebar di berbagai kawasan.

Pohon dengan nama latin Hevea brasiliensis ini memang tergolong dalam tumbuhan tahunan. Kawasan-kawasan seperti hutan Kalimantan adalah tempat yang paling cocok untuk membudidayakan tumbuhan satu ini.

Ciri-ciri yang terlihat dari tampilan fisiknya adalah memiliki tinggi mencapai 20 meter dengan diameter rata-rata pohon sekitar 7 meter. Di bagian batangnya terdapat pembuluh lateks yang nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik apabila batangnya telah diolah.

Baca Juga :   Ali Taher : Banyak Lahan Tidur yang Belum Dioptimalkan

Bentuk akarnya menyebar karena usianya yang lama membuat tumbuhan ini harus ditopang dengan akar yang kuat. Tempat budidaya yang tepat adalah yang memiliki curah hujan tinggi karena jika tumbuhan ini tidak mendapatkan asupan air yang maksimal, maka daunnya akan berguguran.

Untuk proses awal penanamannya, pohon karet harus menunggu terlebih dahulu selama 5 tahun lamanya. Baru setelah masa lima tahun, yakni pada tahun keenam, panen bisa mulai dilakukan. Hasil dari pohon ini sendiri juga memiliki banyak manfaat.

Baca Juga :   Tak Hanya Kayu Jati, Kayu Pohon Pinus Pun Cocok Untuk Bahan Furniture

Meskipun jangka waktu panennya terbilang cukup lama, hasil yang diperoleh akan sangat menguntungkan. Terlebih apabila orang-orang mampu membudidayakannya di tempat-tempat yang tepat dan sesuai dengan karakteristik dari pohon karet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.