Mengenal Buah Sukun, Tanaman Yang Eksis Walau Di Lahan Kering

oleh -14 views
Buah Sukun
Buah Sukun - Foto : Pixabay/juhele

Panennews.com – Siapa yang tak kenal dengan buah sukun. Buah dengan nama latin Artocarpus altitis ini memang sudah banyak dijadikan sebagai bahan baku olahan makanan bagi masyarakat Indonesia.

Mengutip dari Penyuluh Pertanian Madya pada Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tengah, Ir. Sitty Ahra, yang menjelaskan bahwa tanaman ini merupakan jenis tanaman tahunan yang tumbuh baik pada lahan kering atau dataran.

Sukun sendiri dapat tumbuh dengan baik pada suku yang berkisar antara 15 – 38 derajat celsius. Adapun ketinggian dataran di daerah tropis, tumbuhan ini dapat hidup baik pada ketinggian antara 0 – 600 meter dpl. Sukun juga toleran terhadap curah hujan yang sedikit maupun curah hujan yang tinggi antara 80 – 100 inchi per tahun dengan kelembaban 60 – 80 persen.

Baca Juga :   Kenal Lebih Dekat Dengan Anggrek Bulan yang Indah

Ciri dari tanaman tropis ini dapat tumbuh dengan ketinggian sampai dengan 30 meter. Tekstur kulit yang kasar pada buah yang muda, sedangkan untuk yang lebih tua identik lebih halus.

Daging buahnya sendiri berwarna putih krem teksturnya kompak dan berserat halus, rasanya agak manis dan memiliki aroma yang spesifik, berta buah sukun dapat mencapai 1 kilogram per-buah.

Buah ini juga kaya akan nutrisi di dalamnya, diantaranya karbohidrat, protein, serat, lemak, niacin, folates, pyridoxine, thiamin, riboflavin, serta kandungan vitamin seperti vitamin A, C, dan K.

Baca Juga :   Mengulik Fakta Menarik Tentang Jamur Matsutake

Bahkan kandungan karbohidrat dalam buah ini diklain setara dengan kandungan kabohidrat yang ada pada beras. Oleh karena itu buah ini merupakan alternati menu sehat untuk program diet. Selain itu, produk turunan dalam pengolahan makanan, jenis buah ini juga dapat dijadikan sebagai tepung.

Komentar