Mau Latihan Beternak Gratis Sekaligus Agrowisata, Di Sini Tempatnya

oleh -378 views
Sinatria Farm
Dok. Istimewa

Panennews.com – Mungkin saja saat ini anda akan menggeluti dunia peternakan, Maka mencari pengetahuan dan riset sangat diperlukan.

Jika memang hal itu akan anda lakukan, maka mengunjungi area peternakan Sinatria Farm yang berada di Jogjakarta dapat menjadi alternatifnya.

Di area ini tak hanya peternakan domba saja, melainkan ada juga sistem pertanian hidroponik. Setiap hari selasa sampai dengan kamis diselenggarakan kelas peternakan dan pertanian.

Adalah Vita Krisnadewi, pemilik Sinatria Farm membuka kelas yang dimulai pukul 09.00 – 12.00 WIB.  Kemudian setelah itu anda bisa langsung praktek ke area kandang. Kabar baiknya, pelatihan ini tidak dipungut biaya sama sekali.

Selain itu, jika dirasa kelas tersebut kurang untuk menambah pengetahuan anda mengenai dunia ternak, Vita mempersilakan untuk bisa tinggal lebih lama. Para peminat kelas ini dapat tinggal di area peternakan sampai dirasa mampu dan bisa menyerap ilmu mengenai dunia peternakan tersebut.

Baca Juga :   Begini Cara Menghilangkan Bau Semen dan Terpal Pada Kolam Ikan

Mulai dari cara beternak, materi pakan ternak, pertanian hidroponik, hingga mengetahui model kandang terkoleksi miliknya.

Pertanian sistem Hidroponik Sinatria Farm
Sistem Pertanian Hidroponik Sinatria Farm di Jogjakarta – Dok. Istimewa

Kandang terkoleksi tersebut merupakan sistem kandang yang jauh dari kesan bau dan jorok. Karena di kandang ini limbah ternak mampu dipisahkan, sehingga kandang menjadi bersih dan tidak berbau.

“Kandang terkoleksi mampu memisahkan urine dan feces ternak serta mengoleksi nya sehingga memudahkan dalam membersihkan kandang. Kandang ini menjaga lingkungan bersih, bebas bau dan meningkatkan pendapatan dari penanganan limbah” ujar Vita.

Baca Juga :   Argowisata Jadi Potensi Menjajikan di Negara Agraris

Sistem kandangnya ini pun mendapat perhatian yang luas dari masyarkat. Mereka datang bukan hanya untuk mendapatkan materi peternakan saja, melainkan memang ingin melihat langsung sistem kandang yang tidak berbau tersebut.

Bukan hanya masyarakat di Pulau Jawa saja, pengunjung juga datang dari Kalimantan, Sumatera, bahkan ada tamu yang datang langsung dari Malaysia hanya untuk mempelajari peternakan ini.

Selain masyarakat biasa, beberapa pengunjung datang dari staf Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan berbagai kota di Indonesia untuk meninjau langsung dan berdiskusi mengenai sistem pertenakan ini.

Dengan sistem peternakan modern inilah maka anda akan dimanjakan dengan berbagai tenak seperti domba, kelinci, dan pertanian hidroponik. Sehingga bukan hanya saja belajar, tetapi juga menjadi tempat agrobisnis yang pas untuk anda.

Komentar