Mau Budidaya Ikan Gurame, Simak Cara Perawatannya Di Sini

oleh -15 views
Ilustrasi Ikan Gurame Foto pinterest
Ilustrasi Ikan Gurame - Foto : pinterest

Panennews.com – Dalam dunia budidaya dan ternak, kesehatan hewan ternak dan budidaya adalah hal yang penting. Hewan ternak yang sehat akan menghasilkan bibit-bibit yang sehat dan dapat berkembang biak secara maksimal.

Begitu pula dengan ikan gurame, hewan yang hidup di air ini perlu dirawat dengan baik untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal. Berikut adalah beberapa poin untuk merawat hewan ini.

Hama Penyebab Penyakit

Untuk merawat ikan secara maksimal, maka sebaiknya pisahkan budidaya ikan jenis ini dengan ikan-ikan lainnya. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan ikan dari hama-hama. Hama ikan ini justru adalah ikan-ikan lain. Ikan-ikan seperti lele, gabus dan biawak dapat memangsa ikan ini dan membunuh populasi.

Baca Juga :   Menjanjikan Budidaya Ikan Bawal Bintang, Komoditi Ikan Nasional Yang Siap Untuk Ekspor

Jika tempat budidaya terbatas, maka untuk memisahkan kolam ikan ini dengan ikan lainnya bisa dengan membuat jaring-jaring pemisah diantaranya atau membuat pipa serumbung agar ikan tidak berseliweran antara batas satu dengan lainnya.

Penyakit Pada Ikan

Penyakit-penyakit yang terdapat pada ikan gurame diantaranya adalah penyakit yang bersumber dari parasit dan penyakit yang bersumber dari bukan parasit. Penyakit yang bersumber dari parasit diantaranya adalah cacing ikan, penyakit kulit, kutu ikan, serta penyakit pada organ dalam.

Penyakit yang berasal dari bukan parasit diantaranya adalah pencemaran kolam karena zat kimia beracun atau gas beracun. Untuk mendeteksi adanya pencemaran kolam, perhatikanlah cara berenang ikan-ikannya.

Baca Juga :   Menelisik Ikan Nilem, Ikan Mungil Perairan Pulau Jawa

Ikan akan sering berenang ke permukaan air menandakan bahwa ikan butuh oksigen dan air pada kolam mungkin tidak memiliki oksigen yang cukup karena pencemaran.

Pencegahan dan Penyembuhan

Untuk mencegah adanya penyakit yang menghinggapi ikan ini, anda dapat melakukan beberapa langkah perawatan seperti diantaranya mengganti air kolam secara berkala dan memberikan probiotik.

Air pada kolam sekitar sepertiga, setengahnya, maupun keseluruhan untuk hasil yang maksimal. Setelah itu, berikan probiotik untuk mencegah parasit dengan takaran minimal setengah liter.

Demikianlah pembahasan mengenai perawatan kesehatan ikan gurame. Penting untuk memperhatikan ketiga poin tersebut untuk menjaga kesehatan ikan dan membudidayakan dengan maksimal.

Komentar