Mau Bisnis Tanaman Azolla ? Simak Lengkap Budidaya Si ‘Hijau Cuan’ Ini

oleh -113 views
Ilustrasi Tanaman Azolla
Ilustrasi Tanaman Azolla - Foto : Pinterest

Panennews.com Azolla Microphilla yang tergabung ke dalam jenis paku-pakuan hijau ini menjadi salah satu tren bisnis beberapa dekade terakhir.

Selain mudah, budidaya tanaman ini dapat dilakukan hampir dimana saja selama ada sumber daya air dan cahaya matahari. Berikut adalah ulasan mengenai budidaya tanaman ini.

Kolam

Untuk memulai budidaya tanaman ini, pertama-tama yang harus anda siapkan adalah kolam. Kolam dapat dibuat dari bambu yang dibuat persegi panjang, ukuran kolam dibebaskan. Tempat untuk membuat kolam bisa beragam. Bisa ditempatkan di dekat areal persawahan, perkebunan, maupun dekat dengan pemukiman.

Isi kolam tersebut dengan pupuk SP dan tanah yang tingginya tidak melebihi 5 cm. Dibawah kolam yang dibalut terpal berilah sekam padi mengelilingi kolam agar kolam tetap hangat.

Baca Juga :   Dari Humbahas, Mentan Ke Sumbar Untuk Memastikan Optimalisasi MT-II dan Overstock Beras 2020

Berilah juga tutup kolam jika cahaya matahari terlalu panas agar tanaman tidak menguning dan kering. Jaga ketinggian air pada 20 cm.

Bibit

Bibit azolla dapat didapatkan secara vegetatif maupun generatif. Perkembangbiakkan secara vegetatif adalah dengan menebar bibit tanaman ini secara langsung pada kolam hingga memenuhi sekitar setengah hingga ¾ kolam.

Perkembangbiakkan secara generatif dapat dilakukan dengan menggunakan indukan tanaman yang diremas dan meremas indukan yang telah mengandung spora pada kolam. Spora nantinya akan berkecambah dan bertumbuh banyak hingga memenuhi kolam.

Perawatan

Untuk perawatan kolam, usahakan agar kolam selalu terkena cahaya matahari di siang hari. Usahakan juga untuk mengganti sekam padi yang ada di bawah kolam secara berkala.

Baca Juga :   Susanto Pembudidaya Nila Meraup Keuntungan dari Perikanan Budidaya

Untuk hasil panen yang maksimal, dampingkan kolam dengan ternak hewan seperti lele, ikan, bebek, dan pemakan rumput lainnya.

Adanya hewan-hewan ini akan membantu regenerasi tanaman dan penyuburan tanaman karena hewan-hewan ini terutama lele dan ikan akan melepaskan protein yang bersumber dari liur dan badannya.

Demikianlah ulasan mengenai budidaya azolla microphilla. Anda dapat membudidayakan tanaman ini dengan mudah, cepat, dan murah. Bahan-bahan untuk membudidayakan tanaman ini juga mudah di dapat di pasaran sehingga tidak perlu mencari jauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.