Lengkuas, Bumbu Masakan Khas Nusantara

oleh -20 views
Lengkuas
Foto : Shutterstock

Panennews.com – Nama lengkuas sudah sangat populer di masyarakat. Sebab banyak digunakan baik sebagai penambah cita rasa bumbu makanan maupun obat herbal. Lengkuas atau juga disebut laos ini juga sering dijumpai di lahan sekitar Anda mengingat tanaman ini mudah tumbuh.

Banyak masyarakat menggunakan laos ini untuk penambah cita rasa. Tanaman dengan nama latin Alpinia galang ini tergolong penghasil umbi. Anda dapat menemukan dengan mudah laos ini di pasaran mengingat sudah banyak petani yang membudidayakannya.

Ciri utama dari rempah dengan nama latin Alpinia galanga ialah umbinya berwarna merah berbentuk oval dan padat. Bentuk umbi menjadi putih ketika sudah tua. Sedangkan bagian batangnya bisa sangat tinggi mencakup 2-3 meter dengan daun memanjang hijau bertangkai pendek.

Baca Juga :   Kesambi, Buah Kesehatan yang Mulai Langka

Budidaya laos bisa dilakukan dengan beragam cara yakni dengan menanam potongan rimpang yang sudah tua maupun menanam bijinya. Menanam dengan potongan rimpang bertunas lebih banyak di pilih mengingat lebih cepat. Apalagi umbi-umbian yang sering disebut kelawas ini mudah tumbuh di manapun asal terkena sinar matahari yang cukup.

Lebih jauh agar tanaman bisa tumbuh subur, usahakan memberi pupuk secara berkala. Setiap rimpang pun harus di tanam secara berjarak. Masa panen laos yang baik ketika sudah berumur kurang lebih 11 bulan setelah penanaman.

Baca Juga :   Khasiat Jamu Temulawak Dari Tingkatkan Produksi Asi Sampai Untuk Kecantikan

Itulah informasi mengenai lengkuas yang kaya akan manfaat. Manfaatnya tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu dapur melainkan pula untuk obat herbal. Jadi Anda tak salah bila ingin menanam jenis umbi-umbian ini.

Komentar