Kiat Menanam Cabai Keriting, Tak Sulit Yang Dibayangkan

oleh -616 views
Ilustrasi Tanaman Cabai
Ilustrasi Tanaman Cabai - Foto : IG/komunitashijaupyk

Panennews.com – Kebutuhan akan bahan bumbu makanan seperti cabai keriting selalu mendesak. Setiap orang pasti membutuhkannya. Padahal harga cabai itu sendiri sering mengalami naik turun.

Dari pada bergantung dari harga pasar yang bisa melonjak, tak salah jika Anda mulai menanam cabe. Apalagi prosedur penanaman mudah di ikuti dan tidak terlalu ribet seperti penjelasan di bawah ini.

Langkah pertama dalam bertani tentu memilih bibit terlebih dahulu. Pastikan Anda mendapatkan bibit yang berkualitas. Kini sudah banyak jenis bibit cabai sehingga Anda harus teliti dalam pemilihan.

Sebab beberapa jenis tidak cocok dengan suhu tertentu. Ukuran tanaman pun berbeda-beda. Jadi baiknya sesuaikan dengan kondisi ladang dan pilih yang berkualitas.

Baca Juga :   Akademis Sebut, Petani Penting Padukan Komoditi Umbi-umbian di Areal Pertaniannya

Ketika bibit sudah ditemukan maka saatnya melakukan penyemaian. Siapkan polibag yang sudah terisi tanah dan pupuk kompos. Taruh di atasnya dan tunggu selama beberapa hari sampai bibit mulai tumbuh di atasnya.

Sembari menunggu bibit cabai keriting tumbuh, siapkan lahan yang akan jadi tempat penanaman kelak. Anda harus mencangkul tanah agar gembur dan subur. Tak lupa pula buatlah bedengan di sertai saluran air yang rapi. Beri pupuk secukupnya agar tanah menjadi media yang subur.

Setelah bibit sudah mulai memunculkan benih cabai kini saatnya memulai proses penanaman. Anda hanya perlu menyobek polibag pada benih tanaman kemudian pindahkan di lahan yang sudah di siapkan. Hati-hati dalam melakukan langkah ini serta pastikan tidak ada bagian yang rusak. Setelah sudah tertanam maka beri air secara merata agar menjaga kelembaban tempat.

Baca Juga :   Mentan SYL Dorong Komoditas Kopi Tersebar Di Seluruh Dunia

Penting sekali dalam merawat tanaman cabai. Sebab penyiraman harus dilakukan secara rutin kalau tidak sedang musim hujan. Periksa juga setiap bagian tanaman, hal itu menghindari ada bagian yang rusak ataupun hama yang menyerang.

Itulah beberapa langkah kiat menanam cabai keriting yang baik dan benar. Setiap proses tergolong mudah di ikuti jadi Anda tidak akan kesusahan. Jika langkah di atas di ikuti dengan baik maka bukan tidak mungkin hasil panen akan memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.