Kiat Budidaya Ikan Sepat Yang Perlu Anda Tahu

oleh -40 views
Ilustrasi Budidaya Ikan Sepat
Ilustrasi Budidaya Ikan Sepat - Foto. Dok. Kaskus

Panennews.com – Bisnis budidaya ikan sepat kini mulai menarik perhatian. Ikan dengan nama latin Trichogaster trichopterus ini termasuk dalam jenis ikan tawar. Ikan ini juga masih termasuk dalam anggota suku dengan ikan gurame.

Disamping itu, ikan yang biasa dibudidayakan ini sendiri banyak di buat olahan makanan lezat. Meskipun beberapa jenis banyak yang memelihara sebagai ikan hias.

Jika Anda ingin terjun dalam budidaya ini langkah yang harus di ikuti tidaklah sulit. Hanya di butuhkan ketelitian dan kejelian agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Persiapak kolam menjadi aspek penting sebelum proses budidaya. Kolam harus di buat sepersis mungkin dengan habitat asli ikan jenis sepat ini. Apabila Anda tidak ingin mengeluarkan banyak biaya bisa memilih jenis kolam terpal.

Selain itu pemilihan induknya juga patut diperhatikan. Tujuan Anda adalah membudidayakan ikan jadi pilihlah ikan indukan berkualitas. Indukan demikian sangat penting untuk menghasilkan telur yang nantinya dikembangkan.

Baca Juga :   Gagah dan Berseri, Begini Informasi Lengkap Ikan Jelawat

Anda harus memilih indukan jantan maupun betina yang berkualitas dengan usia minimal 7 bulan. Umumnya ikan jantan memiliki sirip panjang meruncing sedangkan betina lebih pendek dan membulat.

Setelah menemukan indukan ikan yang berkualitas kini saatnya memulai proses pembenihan. Sebelum itu, pastikan kolam dalam keadaan bersih tanpa kuman. Kemudian taruh indukan ikan sepat ke dalam kolam dengan perbandingan antara jantan dan betina berkisar satu berbanding dua.

Bila di dalam kolam sudah nampak ada telur maka segera pisahkan indukan jantan dan betina. Segera taruh jerami agar melindungi telur dari paparan sinar matahari. Kurang lebih satu hari maka telur akan menetas menjadi ikan kecil-kecil yang akan dibudidayakan.

Baca Juga :   Ikan Sepat, Ikan Air Tawar Konsumsi Sekaligus Ikan Hias

Lebih lanut, untuk perawatan ikan sepat yang kecil, maka yang perlu anda lakukan adalah dengan memindahkan ikan kecil hasil telur tersebut bila sudah berumur 2 bulanan.

Fokuskan untuk selalu memberi pakan berkualitas agar tumbuh kembang ikan tersebut cepat. Makanan yang bisa diberi berupa dedak, tepung daun, singkong dan lain-lain.

Untuk masa panennya, ikan jenis sepat bisa dipanen pada usia 4 bulanan. Anda dapat memanen dengan cara menguras kolam ikan. Ada baiknya memanen saat pagi atau sore hari. Jangan lakukan pada siang hari sebab terik matahari terlalu menyengat.

Itulah beberapa cata budidaya ikan sepat agar hasil panen memuaskan. Mengikuti langkah di atas tentu menunjang kualitas ikan yang berkualitas tinggi. Jangan lupa pula untuk merawat kondisi kolam agar tetap bersih agar ikan selalu sehat.

Komentar