Keunggulan Pestisida Nabati Yang Perlu Anda Ketahui

oleh -24 views
Ilustrasi Pemberian Pestisida
Ilustrasi Pemberian Pestisida - Foto : Pixabay/@wuzefe

Panennews.com – Menanggulangi hama dan penyakit tanaman salah satunya dengan penggunaan pestisida. Akan tertapi anorganik dapat menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian, bahwa pestisida kimia merupakan bahan beracun yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Hal ini disebabkan pestisida tersebut bersifat polutan dan menyebarkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh seperti mutasi gen dan gangguan syaraf pusat.

Selain itu, residu kimia yang beracun tertinggal pada produk pertanian dapat memicu kerusakan sel penuaan dini dan munculnya penyakit degeneratif.

Oleh karenanya pemakaian pestisida nabati sangatlah dianjurkan. Lalu apa itu pestisida nabati ?. Pestisida nabati adalah pestisida yang bahan aktifnya bersumber dari tumbuh-tumbuhan, seperti akar, daun, batang atau buahnya.

Baca Juga :   BPS : Potensi Produksi Padi Naik Tajam Tahun ini

Salah satu contohnya yaitu dapat terbuat dari umbi gadung maupun tembakau. Umbi gadung sendiri mengandung dioskorin salah satu alkaloid yang bersifat racun bagi serangga, ulat, cacing (nematoda) bahkan juga tikus.

Adapun tembakau merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai insektisida nabati untuk megendalikan berbagai hama yang merusak tanaman. Bagian yang dapat dimanfaatkan untuk insektisida nabati adalah daun dan batangnya. Zat racun yang terkandung di dalam tanaman tembakau adalah nikotin.

Dilihat dari cara kerjanya, pestida nabati sangatlah spesifik. Diantaranya dapat merusak perkembangan telur dan larva. Selain itu dapat menggangu komunikasi dan reproduksi serangga, Dengan pestisida nabati juga akan mampu mengurangi nafsu makan dan mengusir seranga.

Baca Juga :   Kunjungi Ponpes Al Ghazaly, Mentan SYL Serukan Kerja Kolaboratif Lawan Covid

Maka dari itu penggunaan pestisida organik ini mempunyai banyak keunggulan diantaranya relatif aman untuk lingkungan. Selain itu tidak menyebabkan keracunan pada tanaman. Dan yang pasti harga dan mudah dibuat serta menghasilkan produk pertanian yang sehat.

Akan tetapi ada beberapa kelemahan yang ada pada pestisida nabati tersebut. Kelemahanya antara lain daya kerja lamban, kurang praktis, tidak tahan terhadap sinar matahari, dan tidak mampu membasmi jasad sasaran secara langsung.

Komentar