Kesambi, Buah Kesehatan yang Mulai Langka

oleh -62 views
Kesambi
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Mungkin belum banyak orang yang mengenal buah sejenis rambutan satu ini. Kesambi merupakan jenis buah yang hampir mirip seperti rambutan tetapi memiliki rasa yang masam dan sedikit pahit. Beberapa daerah memiliki penyebutan berbeda-beda untuk buah satu ini.

Meskipun buahnya tampak sangat kecil, buah ini hidup di dalam pohon yang sangat tinggi dan lebat. Bahkan buah dengan nama latin Scleicherea oleosa ini memiliki sering kali disebut sebagai pohon peneduh karena saking lebatnya.

Ciri yang paling menonjol terletak pada bagian daunnya yang menyirip dengan warna hijau kekuning-kuningan. Pohonnya memiliki tinggi lebih dari 40 meter dengan cabang yang cukup banyak. Buahnya tampak berwarna abu-abu ketika masih muda dan akan sedikit kemerah-merahan ketika sudah tua.

Baca Juga :   Manfaat Tersembunyi Antioksidan pada Buah Kurma

Masa panennya tidak bisa dilakukan seenaknya karena pohon ini hanya akan berbuah pada musim-musim tertentu saja, terlebih ketika musim penghujan. Hal yang menarik dari pohon ini bisa tetap tumbuh dengan subur meskipun di lahan yang sangat kering.

Persebaran buah kesambi yang paling banyak bisa ditemukan di daerah dataran rendah, seperti misalnya Pulau Jawa. Apabila sudah memasuki musim untuk berbuah, maka daunnya akan sedikit demi sedikit berguguran tetapi tidak akan pernah meranggas.

Sudah ada banyak sekali petani yang membudidayakan buah satu ini karena manfaatnya yang sangat luar biasa. Daripada dijadikan sebagai buah biasa, kesambi lebih terkenal dijadikan sebagai bahan ramuan obat, perawatan wajah, dan asinan.

Komentar