Kemang, Buah Mangga Khas Jakarta Selatan

oleh -624 views
Kemang
Foto : Pinterest

Panennews.com – Jakarta Selatan ternyata menyimpan kekayaan hayati Indonesia, yakni adanya buah lokal yang disebut kemang. Buah ini, dulunya bisa ditemui di wilayah Kemang, Jakarta Selatan, dan menjadi asal dari penyebutan nama daerah tersebut. Namun, saat ini buah lokal ini sudah sulit ditemui.

Ciri-ciri buah ini bisa terlihat dari bentuk buahnya yang mirip dengan mangga, tapi dengan warna yang lebih kusam, tebal dan berwarna kecoklatan. Nama latinnya adalah Mangifera kemanga. Daging buahnya memiliki campuran rasa asam yang dominan dan sedikit rasa manis.

Baca Juga :   Kelapa, Tanaman Nyiur Khas Wilayah Tropis

Pohon buah kemang cukup tinggi, umumnya sekitar 30 meter dengan daun yang rimbun di tiap cabangnya. Buah ini masih satu spesies dengan mangga, baik bentuk pohon, daun hingga buahnya dianggap memiliki banyak kemiripan.

Untuk masa panen, buah lokal ini akan matang secara serentak pada musim hujan. Selain dikonsumsi langsung, ia juga bisa dimanfaatkan sebagai asinan, lalapan, ataupun jus. Karena sulit ditemukan di wilayah aslinya, Bogor kemudian berinisiatif untuk membudi dayakan buah lokal ini.

Selain wilayah Kemang dan Bogor, pohonnya bisa ditemukan secara endemik di wilayah Jakarta Barat. Selain di Indonesia, buah ini bisa ditemukan di wilayah Sumatera, Malaya, serta Kalimantan, terutama wilayah dengan iklim yang sejuk.

Baca Juga :   4 Varietas Unggul Pada Pohon Kelapa Yang Ada Di Indonesia

Buah kemang termasuk dalam buah langka dan sekarang menjadi flora identitas dari kota Bogor, bahkan mendapat aturan peresmian dari pemerintah kota. Ia bisa tumbuh dengan baik di berbagai wilayah di dataran rendah dengan curah hujan yang merata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.