Kedawung, Tanaman Raksasa yang Menyimpan Khasiat

oleh -1,137 views
Pohon Kedawung
Foto : Dok. Alchetron

Panennews.com – Nama kedawung mungkin belum familiar bagi Anda. Hal demikian tak mengherankan mengingat tanaman ini banyak tumbuh di hutan. Beberapa masyarakat yang tahu pun menganggap pohon raksasa ini angker, padahal banyak manfaat dari setiap bagiannya.

Beberapa bagian dari tanaman bernama latin Parkia roxburghii ini menyimpan manfaat. Bahkan sangat berguna sebagai bahan ramuan jamu. Bentuk biji dan daun hampir sama dengan petai. Meski warna bijinya lebih berwarna hitam pekat.

Ciri utama dari kedawung ialah pohonnya yang menjulang tinggi. Di alam liar, pohonnya bisa mencapai 45 meter. Akar dan batangnya berkayu kuat sehingga mampu hidup di tanah terjal. Bagian batang berwarna cokelat tapi setelah tua akan berubah menjadi putih.

Baca Juga :   Pohon Kedoya yang Keberadaannya Semakin Langka

Lebih jauh, tanaman liar ini mengandung banyak kandungan gizi bermanfaat bagi kesehatan. Biji hitam dari tanaman ini berkhasiat menyembuhkan sakit perut dan kembung. Sedangkan bagian daun bisa menurunkan demam. Tanaman ini bisa mulai berbiji ketika berumur enam tahun.

Tempat tumbuh tanaman yang satu ini banyak di temukan di hutan. Sehingga beberapa tidak mengetahuinya. Pohon ini bisa tumbuh di iklim tropis di tengah hutan. Bahkan sering dijumpai pada lereng-lereng terjal sehingga bagus pula untuk mencegah longsor mengingat akarnya kuat.

Baca Juga :   Kayu MDF Sumsel Penuhi Ekspor Ke Mesir Senilai Rp. 46,7 Miliar

Itu dia informasi seputar kedawung. Tanaman ini sangat memberikan banyak manfaat. Bisa dari daun hingga bijinya memberikan khasiat yang penting. Sayangnya belum banyak dari Anda yang tahu akan khasiat tanaman ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.