Kawista, Buah Langka Yang Tumbuh Subur Di Dataran Rendah

oleh -42 views
Kawista
Foto : Wikimedia

Panennews.com – Mungkin masih banyak yang asing dengan buah satu ini. Kawista merupakan tanaman yang secara ilmiah berada dalam satu kekerabatan dengan buah maja, serta masih satu suku dengan jeruk-jerukan. Keberadaan buah ini cukup langka sehingga tidak mudah menemukannya di sekitar.

Buah ini mempunyai nama ilmiah Limonia acidissima. Konon buah ini berasal dari dataran India, khususnya wilayah selatan. Dari literatur lainnya mengatakan buah ini juga berasal dari Tiongkok. Kemudian dibawa oleh pelancong hingga sampailah ke negara Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, buah ini dapat ditemukan di daerah Jawa serta Nusa Tenggara.

Tumbuhan ini memiliki pohon yang mirip dengan jeruk, terutama pada bagian batang bawahnya. Pohonnya berukuran sekitar 3 meter dengan tangkai yang berduri di beberapa bagian. Daunnya hampir serupa dengan daun pohon jeruk, mungil berwarna hijau hingga hijau tua tergantung usia.

Baca Juga :   Nibung, Pohon Kayu Khas Provinsi Riau

Buah kawista mempunyai bentuk bulat dengan ukuran seperti maja. Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Dalam 100 gram buah dan ekstraknya, terdapat kandungan nutrisi kalori lebih tinggi daripada apel, jambu merah, dan mangga. Selain itu, ada juga kandungan vitamin B2 dan protein.

Tanaman ini dapat dijumpai di daerah Jawa, lebih tepatnya di area Rembang, Jawa Tengah. Penduduk setempat banyak memanfaatkan buah ini menjadi olahan sirup yang cita rasanya disebut-sebut seperti cola. Ada juga yang memakannya secara langsung meskipun rasanya sedikit aneh jika belum diolah.

Baca Juga :   Mengenal Tanaman Jarak dari Jaman Penjajahan Jepang Hingga Kini

Diketahui bahwa jenis tumbuhan ini dapat hidup subur di dataran rendah. Karena tanaman ini cukup dikenal dapat tumbuh pada cuaca yang panas dan kering.

Kawista kaya akan manfaat bagi kesehatan. Secara alami, dalam buah ini terkandung khasiat antikanker, antidiare, bahkan antidiabetes. Oleh karena itu, tidak heran jika buah dari India ini menjadi salah satu tanaman yang dipercaya masyarakat sebagai obat.

Komentar