Kapas, Tumbuhan Kecil yang Begitu Berharga

oleh -1,175 views
Kapas
Foto : Getty Images

Panennews.com – Terkenal karena teksturnya yang halus, kapas merupakan salah satu komoditi berharga yang dibutuhkan banyak orang. Di Indonesia sendiri, tumbuhan ini bisa tumbuh dengan subur dan maksimal, terbukti dengan banyaknya daerah yang membudidayakannya.

Bentuknya bulat dengan tampilan berongga yang begitu cantik. Tumbuhan dengan nama ilmiah Gossypium ini telah diproduksi di banyak tempat di dunia. Bisa dibilang, hampir semua negara merupakan penghasil tumbuhan satu ini.

Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri yang unik. Pohonnya terdiri dari ranting-ranting tipis yang tidak mudah patah dan biasa tumbuh di daerah semak-semak. Ciri yang menonjol dari tumbuhan ini adalah batangnya yang mampu tumbuh tegak lurus.

Baca Juga :   Nurseri Perkebunan Modern, Tampung Bibit Unggul Di Lahan Seluas 6,7 Hektare

Budidaya kapas banyak dilakukan di berbagai tempat di Indonesia. Hal ini karena tumbuhan tersebut menjadi salah satu komoditi industri yang menjanjikan. Hasil pengolahan tumbuhan ini bisa dimanfaatkan untuk beberapa macam kegunaan sehingga sangat menguntungkan.

Selain itu, masa panennya juga sangat cepat. Setelah kurang lebih 45 hari, tumbuhan ini akan mulai berbunga dan menandakan jika sebentar lagi bisa dipanen. Serat tumbuhan ini sebagian besar dipintal menjadi benang dan ditenun menjadi kain.

Kapas memiliki kegunaan yang sangat kaya. Mulai dari saringan kopi, pembatas buku, kain, jaring ikan, dan banyak lagi jenis lainnya. Maka tidak mengherankan jika banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan tumbuhan satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.