Jambu Air, Buah Rasa Segar Dan Mudah Tumbuh

oleh -10 views
Jambu Air
Foto : Shutterstock

Panennews.com – Di Indonesia, ada banyak sekali ragam buah yang bisa tumbuh dengan sangat baik. Jambu air merupakan salah satu jenis yang kini lama-lama sudah cukup langka di sebagian daerah, meskipun bisa hidup dengan mudah di daerah tropis. Rasanya begitu manis tetapi juga dipadukan dengan sedikit masam.

Bentuknya sangat unik, mirip seperti hati. Buah dengan nama ilmiah Syzygium aqueum ini sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat karena yang menyukainya juga sangat banyak. Proses pembudidayaan buah ini juga terbilang sangat mudah.

Baca Juga :   Alpukat, Buah Tropis Lezat Berjuta Manfaat

Ciri-cirinya adalah memiliki tinggi pohon sekitar 3-10 meter dengan batang bercabang yang sangat banyak. Hal yang menarik adalah buah ini memiliki bunga cantik dengan warna putih yang sering kali berjatuhan. Bagian bunga dari buah ini sering kali dimanfaatkan sebagai jamu.

Sama seperti buah lainnya, jambu air juga memiliki musimnya tersendiri dan tidak bisa selalu berbuah sewaktu-waktu. Dalam satu tahun, setidaknya tumbuhan ini akan berbuah maksimal dua kali, yakni pada bulan Juli dan September.

Buah ini paling banyak ditemukan di Pulau Jawa. Sebenarnya, apabila ingin membudidayakan buah ini hanya butuh tanah gembur yang tidak terlalu banyak menyerap air. Dengan medan tersebut, buah ini bisa tumbuh dengan cepat dan hasil panennya maksimal.

Baca Juga :   4 Fakta Unik Semangka Yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai buah yang banyak digemari masyarakat, jambu air termasuk dalam kategori buah dengan harga terjangkau. Selain itu, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh apabila mengonsumsi buah ini secara rutin setiap harinya.

Komentar