Ini Dia Rumus Jitu Ternak Ayam Joper Yang Perlu Anda Ketahui

oleh -131 views
Ilustrasi Ternak Ayam Joper
Ilustrasi Ternak Ayam Joper - Foto : IG/hobi_ternak

Panennews.com – Ayam ras jawa dengan jenis super atau dikenal juga sebagai “Ayam Joper” saat ini menjadi primadona bisnis ternak yang menghasilkan.

Bagaimana tidak, hewan yang dilahirkan dari persilangan antara ayam kampung dengan ayam pedaging ini sangat mudah diternakkan namun hasilnya sangat menguntungkan.

Untuk beternak ayam jenis ini terdapat empat rumus jitu yang mungkin saja bisa bermanfaat bagi anda yang ingin mengembangbiakkannya.

Kandang

Kandang yang harus dipersiapkan untuk memulai ternak diukur dengan menggunakan m2. Untuk anak ayam yang berusia sampai dengan satu minggu ditempatkan 60 ekor saja.

Anak ayam yang berusia satu sampai dua minggu ditempatkan 40 ekor saja. Anak ayam yang berusia 2 minggu sampai 1 bulan ditempatkan 20 ekor saja serta ayam yang berusia lebih dari 1 bulan ditempatkan 9 ekor saja.

Baca Juga :   Pleci, Spesies Burung Cantik yang Memikat Hati Pecintanya

Bibit

Ayam ini biasanya dibiakkan untuk dijadikan sebagai ayam pedaging. Maka dari itu, untuk memilih bibit unggul dari ayam joper, pilihlah yang besar dan sehat. Untuk memilih bibit yang besar dan sehat, maka perhatikanlah fisiknya.

Ayam yang sehat memiliki tubuh yang tegap, bulu yang mengkilap dan bersih, serta mata yang bersinar. Usia bibit juga perlu diperhatikan yakni tidak lebih dan tidak kurang dari 3 minggu.

Perawatan

Perawatan ayam jenis ini terbagi ke dalam 3 bagian yakni pemberian pakan, pemberian vitamin, serta penanganan penyakit. Pemberian pakan dibedakan sesuai dengan usia ayam, namun pakan utama ayam ini adalah DOC didampingi dengan tambahan pakan sesuai usia.

Baca Juga :   Budidaya Maggot, Alternatif Pakan Ayam Dari Kotorannya

Penyakit pada ayam jenis ini biasanya adalah gumbolo, tetelo, dan snot. Maka dari itu, berilah obat sesuai dengan penyakitnya segera.

Panen

Panen ayam harus dilakukan tepat waktu agar populasi ayam pada kandang tidak menumpuk dan mempengaruhi kesehatan ayam lain. Ayam-ayam dipanen pada usia 1,5 bulan sampai 3 bulan.

Begitulah ulasan mengenai rahasia jitu ternak ayam joper. Keempat hal tersebut merupakan kunci penting untuk beternak sehingga pengelolaan waktu, tempat, jumlah dan kondisi fisik ayam jenis ini perlu diperhatikan dengan baik.

Komentar