Ikan Pedih, Ikan Rawa Yang Kini Mulai Sulit Dicari

oleh -958 views
Ikan Pedih
Foto : Dok. Alchetron

Panennews.com – Beragam ikan rawa sangat mudah ditemukan di perairan Indonesia. Salah satu ikan rawa yang sangat istimewa ialah ikan pedih. Namanya mungkin terdengar unik tapi ikan ini dikenal dagingnya yang sangat lezat ketika di olah.

Bentuk ikan yang juga disebut ikan tor ini terbilang khas dengan badan panjang dengan sisik besar di sekujur tubuh. Habitat asli ikan tor bisa ditemukan di hulu sungai dengan arus deras dan jernih. Sayangnya populasi ikan ini begitu anjlok dari tahun ke tahun.

Baca Juga :   Ciptakan Produk Berkualitas, Jurus KKP Perkuat Daya Saing Perikanan Indonesia

Populasi yang berkurang diakibatkan dari eksploitasi yang terlalu berlebihan. Mengingat masyarakat banyak menyukai serta harga jualnya sangat tinggi. Konon ikan pedih menjadi ikan rawa termahal yang di jual di pasaran. Untuk satu kilogram saja bisa mencapai ratusan atau bahkan jutaan.

Dahulu ikan tor tidak bisa di konsumsi semua kalangan. Artinya hanya kalangan atas tertentu yang boleh mengonsumsinya. Hal demikian mungkin terkait dengan kelezatan daging ikan tor tersebut. Anda bisa saja membudidayakannya meski sangat sulit mencari bibit untuk dikembangkan.

Baca Juga :   Ternyata Ini 3 Manfaat Konsumsi Ikan Sembilang Bagi Kesehatan

Melihat harga tinggi ada ikan tor ini sebetulnya bisa menjadi peluang untuk Anda berbisnis. Anda bisa membuat kolam berisi ikan tersebut. Hal terpenting ialah mencari bibit ikan dahulu. Tidak semua peternak punya bibit ini sehingga akan menjadi tantangan.

Mengingat jumlah ikan pedih yang terus berkurang alangkah baiknya ada upaya konservasi. Hal itu menghindarkan dari kepunahan ikan tersebut. Lagi pula ikan tersebut bergizi tinggi sehingga sayang bila harus punah terlalu cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.