Fakta Unik Ikan Kalajengking, Si Manis Nan Berbisa

oleh -657 views
Ikan Kalajengking
Foto : Shutterstock

Panennews.com – Ada beragam jenis ikan yang ada dengan berbagai bentuk yang unik. Biasanya ikan dengan karakteristik khusus dan unik, menjadikan ikan ini digemari oleh banyak orang. Sebagian biasanya dijadikan ikan hias karena keunikannya tersebut.

Salah satu jenis ikan yang cukup unik yaitu ikan kalajengking. Ikan dengan nama latin Pterois volitans merupakan jenis ikan tropis yang memiliki bentuk dan warna yang indah.

Mengutip dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan, ikan ini merupakan salah satu dari jenis ikan hias yang cukup berbahaya. Ikan unik ini memiliki racun yang terletak pada duri sirip punggung dan sirip anal.

Baca Juga :   Solusi Lahan Sempit, Begini Tips Budidaya Ikan Guppy Dalam Ember

Maka dari itu, untuk lingkungannya ikan ini dapat berdampak pada menurunnya spesies ikan dengan cara predasi. Sehingga akan menurunkan keanekaragaman hayati pada suatu habitat dan bahkan menyebabkan kepunahan suatu spesies.

Karena ikan ini beracun, maka dapat juga berdampak pada manusia. Jika terkena racunnya maka dapat menimbulkan pembengkakan dengan rasa sakit yang hebat dan bahkan kelumpuhan. Toksin dalam lionfish mengandung racun acetylcholine dan neurotoksin yang mempengaruhi transmisi neuromuskular.

Sementara itu, karakteristik khusus yang ada pada ikan beracun ini yaitu warna dasar hitam dengan membran sirip dan garis vertikal berwarna coklat kemerahan.

Baca Juga :   Gagah dan Berseri, Begini Informasi Lengkap Ikan Jelawat

Ikan ini biasanya hidup di perairan dengan suhu berkisar antara 22 °C – 28 °C.  Mereka bisa hidup pada kedalaman 10 meter sampai dengan 175 meter dan lebih menyukai daerah terumbu karang dan daerah berbatu.

Adapun penyebaran daerah asal ikan kalajengking ini diperairan Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, Philipina, Vietnam, Indonesia, China, Hongkong, Prancis, dan 23 tempat negara lainnya.

Selain peneyebaran di daerah asalnya, ikan ini juga sudah banyak tersebar pada perairan di banyak negara seperti Kolumbia, Kosta Rika, Kuba, Republik Dominika, Honduras, Jamaica, Meksiko, dan daerah lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.