Edelweis Jawa, Bunga Keabadian Kaya Kearifan Lokal

oleh -735 views
Edelwies
Foto : Shutterstock

Panennews.com – Bunga edelweis lebih dikenal sebagai bunga keabadian. Bunga ini tidak hanya tumbuh di luar negeri pada tanah bersalju saja, karena ada bunga edelweis khas yang hanya bisa hidup pada kondisi geografi Nusantara. Edelweis Jawa merupakan flora cantik yang unik dan berbeda dari edelweis luar negeri.

Bunga yang mempunyai nama latin Anaphalis javanica ini berwarna putih, kecoklatan, bahkan kuning. Tanaman ini masih masuk ke dalam keluarga Asteraceae yang tumbuh dalam bentuk floret bergerombol. Pada bagian tepi bunga terdapat mahkota berbulu sebagai pelindung daun.

Baca Juga :   Manfaat Ampas Kopi untuk Nutrisi Tanaman yang Perlu Anda Tahu

Ada pula yang menyebut bentuk bunga ini serupa dengan telapak kaki singa. Dalam satu tangkai bunga ini bisa terdiri dari beberapa floret yang saling bergerombol. Kuntum bunga biasanya mulai mekar di awal bulan April—Agustus serta bulan Juli—September, tergantung kondisi geografis.

Edelweis Jawa adalah tanaman asli Indonesia yang dapat ditemukan di beberapa wilayah Pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera, Lombok, dan Bali. Bunga ini paling baik hidup di ketinggian lebih dari sama dengan 1.000 mdpl atau di daerah vulkanik yang subur.

Baca Juga :   Banyak Yang Ga Tahu, Ini Dia Cara Budidaya Toge Di Rumah

Bunga ini mempunyai nilai filosofis yang tinggi. Selain dikenal sebagai bunga simbol keabadian, bunga ini juga menjadi lambang keberanian. Tanaman ini mampu bertahan di tanah yang sangat tinggi dengan perubahan cuaca ekstrim, sehingga dianggap memfilosofikan kekuatan dan keteguhan hati.

Edelweis Jawa menjadi telah dikenal menjadi bunga hias yang cantik sejak dulu kala. Bunga ini pun banyak dicari oleh para pakar botani yang ingin melakukan penelitian. Keindahan dan kekayaan nilai menjadi daya tarik tersendiri bunga yang keberadaannya mulai langka ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.