Duwet, Buah Jamblang Khas Lokal yang Melegenda

oleh -765 views
Buah Duwet
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Duwet adalah salah satu buah yang memiliki banyak nama karena hampir setiap daerah memiliki penyebutan yang berbeda. Mulai dari jamblang, jambu kling, nunang, jambu koliong, juwat, dan masih banyak lagi. Identik dengan jambu, buah ini memang masuk dalam suku jambu-jambuan.

Bentuknya tampak bulat lonjong dengan warna ungu yang sangat mengkilap. Buah dengan nama latin Syzygium cumini ini memiliki keunikan pada kelopak daunnya yang berbentuk mirip lonceng. Bau harum juga bisa sangat tercium apabila daunnya dipetik.

Ciri dari buah duwet adalah memiliki pohon yang tidak terlalu tinggi, yakni hanya mencapai 4-6 mm. Daunnya memang selalu lebat tetapi tidak semuanya bisa berbuah. Bagian daging buahnya berwarna macam-macam, mulai dari putih, kelabu, hingga tampak merah keungu-unguan.

Baca Juga :   Mengenal Tanaman Miana, Dari Ciri Hingga Penyebarannya

Tidak seperti buah lainnya yang memiliki bau khas, buah ini tidak berbau sama sekali dengan rasa masam hingga manis. Di dalam buahnya terdapat biji dengan ukuran lonjong kurang lebih 3-5 cm. Namun, uniknya, tidak semua buah bisa ditemukan biji di dalamnya.

Buah ini bisa dengan mudah ditemukan pada kawasan tropis maupun subtropis. Pulau Jawa merupakan tempat persebaran yang paling luas dari budidaya buah satu ini. Agar bisa tumbuh dengan baik dan segera dipanen, buah ini membutuhkan curah hujan minimal 1000 mm per tahun.

Baca Juga :   Intip Fakta Unik Pohon Cemara, Simbol Natal Hingga Punya Usia Ribuan Tahun

Sebagai buah yang sudah tersebar di mana-mana, akan sangat mudah untuk membudidayakanya. Terlebih lagi duwet memiliki banyak sekali manfaat yang bagus untuk kesehatan sehingga tidak apa-apa untuk dikonsumsi sehari-hari.

Mengonsumsi buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mempunyai antioksidan yang tinggi. Selain itu buah ini juga mampu mencegah diabetes, ganguan pencernaan, hingga menjaga kesehatan jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.