Cara Mudah Menanam Tomat Pada Media Pot

oleh -122 views
Ilustrasi Tanaman Tomat
Ilustrasi Tanaman Tomat - Foto : Pixabay/Kie-ker

Panennews.com – Mengisi kegiatan dengan menanam pohon di sekitar rumah merupakan aktivitas yang menarik. Apalagi tanaman yang ditanam bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari.

Ada beberapa tanaman yang bisa di tanam di sekitar ladang. Salah satunya ialah tomat, apalagi sayur ini mudah sekali dalam tumbuh dan perawatannya.

Tomat sendiri merupakan tanaman sayuran yang sudah cukup familiar. Sayuran dengan nama latin Solanum lycopersicum ini biasanya sebagai campuran bumbu pada olahan masakan. Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik di media pot yang ada di rumah. Lalu bagaimana caranya ?

Langkah pertama tentu terkait pemilihan bibit. Bibit yang di pilih harus benar-benar berkualitas. Jangan salah pilih atau Anda akan menyesal di hari kelak. Anda bisa mendatangi kios tanaman yang menyediakan bibit berkualitas.

Baca Juga :   Mengenal Pohon Siwalan Yang Tumbuh Subur Di Pulau Madura

Ketika bibit sudah ditemukan kini saatnya menyemai benih tanaman tersebut. Sebelum melakukan tahap ini, ada baiknya rendam dahulu bibit yang sudah ada dengan air dan fungisida.

Tujuannya ialah agar menghilangkan hama yang bisa ada di dalam bibit. Setelah proses itu selesai, segera semai benih ke dalam media yang sudah di isi tanah dan kompos.

Sementara itu, sembari menunggu benih tomat tumbuh. Pilih pot yang akan digunakan sebagai media tanam. Anda bisa memilih menggunakan pot tanah, pot bunga maupun polybag. Pot tanah lebih disarankan mengingat daya serap yang lebih baik.

Kemudian langkah selanjutnya yaitu pemindahan bibit ke pot. Proses yang satu ini membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi. Anda tidak bisa sembarangan memindah karena benih masih kecil dan mudah patah. Lakukan pemindahan semai ke pot dengan perlahan tanpa merusak setiap bagian tanaman.

Baca Juga :   Tak Hanya Obat Herbal, Kayu Secang Juga Bisa Untuk Pewarna Tekstil

Setelah proses penanaman selesai, jangan biarkan begitu saja tanaman tersebut. Rawatlah dengan baik dengan memberinya air dua kali sehari jika cuaca tidak hujan. Anda juga harus memeriksa setiap bagian tanaman takut ada yang rusak. Bila perlu buat penyangga bambu kecil jika ada tanaman yang tak kuat menahan beban tinggi serta berat tanaman.

Itulah cara mudah menanam tomat menggunakan media pot. Mengingat proses yang dilakukan mudah maka Anda tak perlu ragu untuk mencobanya di rumah. Jaga selalu tanaman Anda agar bisa di panen dengan hasil yang memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.