Cara Merawat Ikan Nila Agar Lebih Cepat Panen

oleh -13 views
Ikan Nila
Dok. Istockphoto

Panennews.com – Siapa yang suka makan ikan? Nah, jika Anda adalah penggemar aneka masakan ikan pasti tidak asing lagi dengan ikan satu ini. Ya, nila adalah jawabannya. Ikan yang menjadi primadona air tawar ini banyak dijadikan pilihan ternak untuk dikembangbiakkan karena perawatannya yang tidaklah sulit.

Peternak hanya membutuhkan waktu sekitar 6 bulan saja, setelah itu sudah bisa menikmati hasil panen. Harganya pun menjadi iming-iming tersendiri bagi para peternak karena terbilang cukup mahal. Apabila Anda ingin mencoba untuk memelihara nila perhatikan cara perawatan dibawah ini.

Hal penting yang cukup utama adalah tempatnya. Tempat adalah hal utama yang harus Anda pikirkan sebelum memulai ternak. Tak sulit dalam hal penyediaan tempat karena ikan ini mudah beradaptasi. Anda bisa memelihara di kolam, sawah, keramba apung dsb.

Baca Juga :   Ikan Patin, Ikan Berkumis Unggulan

Jika Anda lebih memilih beternak di kolam usahakan kolam terbuat dari lempung agar tidak gampang bocor. Sediakan pula tempat pintu air masuk dan keluar untuk memudahkan membersihkan kolam.

Lebih lanjut, pastikan memelihara ikan di air yang bersuhu 25-30 derajat celcius dan memiliki kadar asam 5-7 ph. Air yang menjadi tempat hidupnya harus bersih dan tidak ada limbah yang tercampur. Cek secara berkala kadar air, karena ikan bisa mati jika air memiliki kadar asam yang tinggi.

Pemilihan bibit yang berkualitas juga harus diperhatikan. Hal ini juga wajib untuk diperhatikan agar Anda bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal. Bibit ikan yang baik biasanya memiliki berat 25-30 gram dengan ukuran 10 cm.

Baca Juga :   Tetra, Ikan Cantik Nan Mungil Menawan

Untuk selanjutnya yaitu pemberian makanan pada ikan harus dilakukan secara teratur. Jangan terlalu banyak dan sedikit, serta berikan makanan yang sehat seperti pelet, biji-bijian, sayur sayuran dsb. Berikan vitamin pada ikan cukup sebulan satu kali agar ikan dapat berkembang dengan baik.

Jika Anda memiliki minat untuk beternak ikan nila beberapa cara perawatan diatas dapat Anda coba agar ikan Anda bisa lebih cepat panen dan memperoleh hasil yang maksimal.

Komentar