Buah Tin, Rasanya Yang Lezat Dan Kaya Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

oleh -221 views
Ilustrasi Buah Tin
Ilustrasi Buah Tin - Foto : Pinterest

Panennews.com – Di dunia ini banyak sekali tanaman yang berguna untuk kesehatan. Salah satu di antaranya ialah buah tin atau buah ara. Tanaman dengan nama latin Ficus carica ini biasanya mulai panen pada bulan Agustus hingga Oktober.

Selain memiliki tekstur rasa yang lezat, buah yang memiliki rasa seperti selai ini juga memiliki banyak manfaat yang berguna bagi tubuh. Dari beberapa literature yang ada, ternyata buah ini mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang ada dalam buah ini diantaranya :

Mencegah Sembelit

Sembelit merupakan sesuatu yang menyebalkan. Proses pembuangan menjadi terhambat dan menyakitkan. Nah, buah ara ini sangat bagus untuk pencegahan sembelit. Hal itu di duga karena kandungan serat yang kaya di buah ini. Serat juga dikenal baik untuk pencernaan serta menjaga kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga :   Jarang Terekspos, Ini Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan

Baik Untuk Rambut

Bagi Anda yang sering mengeluhkan kondisi rambut yang mudah rontok maupun lepek, bisa memanfaatkan buah ara ini. Mengolah sampo dengan bahan buah tin dikenal sangat bagus untuk memperkuat rambut serta melembabkannya. Memakai sampo alami demikian tentu membantu rambut Anda tumbuh lebat, indah dan anti lepek.

Bagus Untuk Kulit

Popularitas buah dari tanaman yang masih satu kerabat dengan pohon beringin ini juga dikenal bagus untuk kulit. Bahkan beberapa pengobatan tradisional sudah banyak memanfaatkannya. Beragam penyakit kulit bisa di atas seperti vitilogi, eksim dan lain-lain.

Baca Juga :   Sebelum Dibudidayakan, Ketahui Dulu Syarat Tumbuh Bunga Kertas

Hal itu tak lain disebabkan adanya kandungan antioksidan dan vitamin yang ada di dalam buah ini. Anda juga dapat memanfaatkan racikan buah ara mentah sebagai masker wajah.

Berguna Untuk Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ vital dalam memompa darah. Tahukah Anda bahwa buah ara baik sekali dalam kesehatan jantung. Adanya kandungan penting seperti kalium menjadi penyebab utama manfaat itu begitu terasa. Kalium atau potasium merupakan mineral yang sangat baik guna menjaga kesehatan jantung dan bahkan juga mengatur tekanan darah.

Itu dia beberapa manfaat buah tin bagi kesehatan. Siapa sangka bahwa buah yang terkenal akan rasa lezatnya tersebut juga baik untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.