Apa Perbedaan Jantan dan Betina Pada Kepiting Bakau? Simak Ulasannya

oleh -625 views
Ilustrasi Kepiting
Ilustrasi Kepiting - Foto : Wallpaperflare

Panennews.com – Kepiting merupakan hewan yang masih dalam anggota udang-udangan (krustasea). Hewan ini memiliki capit pada kedua sisinya. Lalu dapatkah anda membedakan mana yang jenis jantan dan betina pada kepiting?.

Melansir dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan, ternyata ada beberapa perbedaan yang menonjol antara jenis jantan dan betina pada kepiting bakau.

Dari capitnya, hewan dengan nama latin Scylla Spp. ini mempunyai ukuran lebih besar dan panjang pada pejantan. Adapun betinanya relatif memiliki capit yang lebih kecil dan pendek.

Baca Juga :   Menteri Trenggono Dukung Pemda Maluku Tenggara Bangun Seaweed Estate

Sementara itu, pada kaki renang (pleopod) nya, pejantan memiliki pleopod sebagai alat kopulasi. Sedangkan pada jenis betina, kaki renangnya ini justru berfungsi sebagai meletakkan telur.

Lebih lanjut di sisi bagian perut (abdomen) nya, pejantan memiliki ruas segitiga, sedangkan betina berbentuk seperti tugu.

Ruas abdomen pejantan sempit dan agak runcing dibagian ujungnya, dengan sudut menyerupai huruf “V”. Sedangkan pada betina ruangnya agak lebih lebar atau menyerupai huruf “U” dan dibawahnya terdapat bulu-bulu atau umbai-umbai sebagai tempat pengeraman telur.

Baca Juga :   Komet, Ikan Hias Cantik yang Cocok Dipelihara

Dan yang terakhir perbedaan lainnya yaitu dari sisi ukuran tubuhnya. Ukuran tubuh pejantan lebih besar, sedangkan pada betina memiliki ukuran tubuh cenderung lebih kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.