Aneka Ragam Manfaat Kroto Untuk Hewan Ternak

oleh -2,653 views
Kroto
Dok. Shutterstock

Panennews.com – Kroto dikenal sebagai pakan yang kaya akan nutrisi khususnya bagi burung. Menurut beberapa literatur penelitian yang ada, per 100 gramnya memiliki kandungan protein 8,2 gram. Lemak yang dihasilkan pun relatif lebih rendah daripada telur ayam sehingga tidak menyebabkan obesitas pada hewan ternak.

Selain itu terdapat pula zat mineral seperti kalsium, potasium, zat besi, vitamin B1, vitamin B2 dan nacin. Inilah yang menyebabkan beberapa peternak memilih menggunakan bahan pakan tersebut sebagai penunjang dalam pembudidayaan ternak burung.

Menggunakan kroto sebagai bahan makanan tambahan bagi ternak khususnya burung, memiliki manfaat yang sangatlah besar. Kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya, berperan aktif guna menjaga vitalitas. Kelebihan itulah yang tidak didapati dari jenis pakan lainnya.

Baca Juga :   Wamentan Optimis, Indonesia Jadi Produsen Suplemen Pakan Ternak Dunia

Untuk mengetahui apa saja manfaat dari telur semur rangrang ini, berikut adalah ulasannya.

Menjaga Kebugaran Ternak

Kesehatan fisik adalah hal utama yang mempengaruhi nilai jual dari ternak. Semakin baik asupan makanan yang dikonsumsi semakin terjaga pula kebugarannya. Memberikan larva semut rangrang pada burung khususnya, dapat membantu meningkatkan sistem imunitas.

Menstimulus Kinerja Otak

Burung merupakan salah satu jenis hewan yang mengandalkan kinerja otak. Kemampuan dalam meniru suara kicau dari masterannya sangat berhubungan dengan hal tersebut. Untuk itulah penggunaan jenis pakan ini sangatlah efektif untuk membantu keaktifan sel-sel otak melalui nutrisi-nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh.

Mengatasi Stress Pada Ternak

Burung memiliki rentan tingkat stress yang tinggi. Hal tersebut biasanya ditandai dengan kemacetan berkicau. Biasanya ini terjadi pada burung dewasa. Kandungan vitamin dan zat mineral yang terdapat pada telur semut rangrang dapat dijadikan sebagai suplemen alternatif untuk mengurangi tingkat stress dari ternak tersebut.

Baca Juga :   Cara Mudah Membuat Kompos dari Feses Sapi

Membantu Pertumbuhan

Kandungan rendah lemak yang terdapat pada jenis pakan ini, sangat baik untuk menghindarkan ternak dari resiko obesitas. Sebab jika hal tersebut terjadi pada burung, dapat mempengaruhi kelincahan dan kemampuan berkicau.

Cara pemberian kroto pada burung juga tidak boleh sembarang. Perhatikan kondisi dari pakan. Sebaiknya Anda pilih yang masih segar, tidak berbau dan juga bersih. Buang kotoran yang masih menempel pada larva dan berikan pada burung dengan kondisi yang masih berbentuk kapsul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.