Alpukat, Buah Tropis Lezat Berjuta Manfaat

oleh -243 views
Alpukat
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Indonesia terkenal kaya akan tanaman, terutama tanaman buah. Salah satunya adalah alpukat. Buah yang identik dengan warna hijau ini menjadi buah favorit baik untuk dimakan langsung atau diolah. Hasil olahannya pun beragam dari mulai jus hingga olahan makanan lainnya.

Tanaman yang dikenal dengan nama Avocado (Persea americana) ini adalah sebuah tanaman penghasil buah yang berasal dari Meksiko. Tanaman buah ini cukup mudah ditemukan di Indonesia, karena merupakan tanaman tropical.

Buah ini memiliki ciri fisik yang khas. Bagian luarnya berwarna hijau tua, kadang-kadang ungu. Kulitnya lembut namun cenderung tidak rata. Warna kulitnya berbeda tergantung pada verietasnya. Sedangkan di bagian dalamnya terdapat daging buah yang berwarna hijau dan bertekstur lembut.

Baca Juga :   Benarkah Buah Mengkudu Bisa Mengatasi Penyakit Diabetes?

Ciri tumbuhannya memiliki batang dengan tinggi bisa mencapai 20m. Daun tanamannya cukup lebar yaitu antara 12-25cm. Meskipun terbilang cukup banyak ditemukan di Indonesia, nyatanya alpukat cukup sulit dibudidayakan. Tanaman ini baru akan berbuah setelah berkisar 5-8 tahun, dan baru dipanen setelah dalam jangka waktu 6-7 bulan setelah tanaman berbunga.

Beberapa daerah di Indonesia terkenal sebagai daerah penghasil buah berwarna hijau ini. Diantaranya adalah Jawa Timur, Jawa Barat, beberapa daerah di Sumatera, Nusa Tenggara dan Sulawesi Selatan. Jenis yang dikembangkan pun bervariasi dan menjadi ciri khas masing-masing daerah.

Baca Juga :   Pemerintah Kembangkan Holtikultura Berorientasi Ekspor

Tanaman alpukat yang memang cukup sulit dibudidayakan serta membutuhkan waktu lama tidak menghalangi para petani untuk membudidayakannya. Terbukti dengan banyaknya daerah di Indonesia yang mengembangkan tanaman ini dengan subur.

Sementara itu, selain terkenal lezatnya avocado juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan yang ada pada buah ini diantaranya kalium,karbohidrat, protein, lutein, dan folat. Mengkonsumsi buah ini juga dapat menurunkan kolesterol, menghambat kanker, serta juga sangat baik untuk kesehatan mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.