4 Jenis Pakan Burung Puyuh Petelur Dengan Kandungan Nutrisi Tinggi

oleh -67 views
Ilustrasi Burung Puyuh
Ilustrasi Burung Puyuh - Foo : Pinterest/@groundtoground

Panennews.com – Burung Puyuh merupakan salah satu jenis unggas yang banyak dibudidayakan. Dilihat dari kacamata bisnis, burung ini mampu menghasilkan keuntungan yang sangat menggiurkan.

Bukan hanya telurnya saja, daging unggas dengan nama latin Coturnix coturnix ini juga dapat dikonsumsi. Kesuksesan bisnis ternak ini, bergantung dari jenis pakan yang digunakan.

Dilihat dari tingkat populasinya saja, menurut data dari Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian, burung puyuh tahun 2017 saja mencapai sekitar 14.5 juta ekor lebih. Adapun Provinsi Jawa Tengah merupakan tingkat populasi burung puyuh terbanyak di Indonesia.

Khusus bagi jenis petelur, agar produktif dalam menghasilkan telur puyuh berikut ini adalah beberapa jenis pakan dengan nutrisi tinggi yang dapat Anda gunakan.

Salah satunya yaitu Jagung. Kandungan nutrisi dan vitamin yang dimiliki jagung cukup tinggi sehingga cocok sekali untuk membantu proses pertumbuhan dari ternak. Selain itu, biji jagung memiliki kandungan karbohidrat yang sangat berguna untuk menjaga ketahanan dari ternak tersebut. Berikan pakan secara rutin 3 kali sehari.

Baca Juga :   Burung Gemak, Si Puyuh Yang Populer Untuk Diternak

Selain jagung, pakan lainnya berupa dedak padi yang berasal dari sisa pengelolaan padi yang dihaluskan. Pakan ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Pemberian pakan ini sebaiknya dilakukan ketika burung memiliki usia diatas 3 bulan. Sebab kandungan seratnya yang cukup tinggi akan susah dicerna oleh puyuh yang masih kecil.

Alternatif pakan lainnya dapat menggunakan sorgum yang merupakan satu jenis pakan ternak dengan kandungan nutrisinya hampir sama dengan jagung.

Perbedaannya terletak pada komposisi protein yang terdapat pada sorgum lebih tinggi dari pada jagung. Selain itu pakan ini juga memiliki xantofil. Penggunaan sorgum dengan bungkil kedelai dapat menghasilkan metionin dan lisin yang sangat efektif membantu proses tumbuh kembang unggas.

Sorgum memiliki 3 jenis warna yaitu putih, cokelat dan merah. Perbedaan dari ketiga jenis tersebut terletak pada kandungan antinutrien yang disebut tanin. Khusus untuk burung puyuh petelur, sebaiknya menggunakan sorgum berwarna putih. Sebab jenis ini memiliki kandungan tanin yang sangat rendah sehingga makanan mudah dicerna oleh ternak.

Baca Juga :   2 Macam Pakan Yang Bisa Kita Gunakan Untuk Budidaya Ikan

Selain ketiga jenis di atas, Polllard atau dedak gandum juga salah satu jenis pakan yang baik. Pollard ini merupakan jenis pakan substitusi dari dedak padi. Kandungan nutrisi dari kedua pakan ini berimbang. Namun penggunaan dedak gandum ini sebaiknya sedikit dibatasi. Sebab teksturnya yang kasar menjadikan pakan ini berserat tinggi dan jika penggunaannya berlebih dapat mempengaruhi pencernaan dari puyuh.

Pemilihan pakan untuk burung puyuh sebaiknya disesuaikan berdasarkan usia. Hal ini bertujuan agar pertumbuhannya dapat terjaga dengan baik. Selain itu perhatikan kebersihan kandang dan pemberian vaksinasi agar unggas memiliki ketahanan tubuh yang bagus.

Komentar