4 Fakta Unik Dari Kuda Laut, Sang Biota Yang Eksotis

oleh -7 views
Ilustrasi Kuda Laut
Ilustrasi Kuda Laut - Foto : Pixabay/arhnue

Panennews.com – Siapa yang tak kenal kuda laut ? Jenis ikan bertulang sejati (teleostei) ini memang sudah cukup terkenal sebagian besar masyarakat.

Selain memang salah satu biota laut yang eksotos, jenis hewan laut yang termasuk dalam genus Hippocampus juga sering kali dijadikan bahan jamu oleh sebagian masyarakat.

Akan tetapi mungkin sebagian orang tidak tahu beberapa fakta unik mengenai hewan monster berkepala kuda ini. Lalu apa saja itu, berikut ulasannya.

Yang Hamil Jantan

Jika pada hewan lainnya yang hamil adalah jenis betina, maka hal ini tidaklah berlaku pada kuda laut. Justru jenis jantanlah yang mengandung karena dari beberapa penelitian yang ada, kuda laut jantan termasuk dalam hermafrodit (kelamin ganda).

Baca Juga :   Mengenal Ciri Khas hingga Masa Panen Ikan Hampala

Sehingga walaupun jantan yang mengandung, tetapi tetap membutuhkan suntikan telur dari jenis betina untuk proses pembuahan. Hal ini dikarenakan dapat membuahkan bayi, sehingga sang betina membuat telur untuk proses berikutnya.

Mirip Kantong Kanguru

Bukan cuma kanguru saja yang memiliki kantong untuk mengasuh anaknya. Hewan dengan nama lain seahorse ini juga memilikinya. Kuda laut memiliki kantong untuk mengasuh anak-anaknya. Kantong ini hanya terdapat pada jenis jantan, sedangkan jenis betina tidak memiliki kantong tersebut.

Pandangan Ganda

Salah satu keunikan lainnya yang dimiliki oleh kuda laut yaitu pandangan ganda (binocular vision). Kedua matanya dapat berfungsi masing-masing sesuai kebutuhannya. Salah satunya yaitu untuk mencari mangsa.

Baca Juga :   Ikan Koi Juga Bisa Stress Lho, Solusinya Bagaimana?

Satu mata dapat melihat satu arah, sedangkan satu matanya lagi dapat bergerak dan melihat ke semua arah. Oleh karena itu, kuda laut dapat melihat di sekelilingnya dengan mudah tanpa menggerakkan kepalanya sama sekali.

Kamuflase

Hewan ini merupakan jenis dengan tipikal pemangsa pasif. Artinya kuda laut akan menunggu mangsa dengan berdiam yang kemudian menyergap sampai ke dalam moncongnya.

Oleh karena itu, kuda laut mampu berkamuflase dengan baik. Kuda laut akan mengubah corak tubuhnya sesuai dengan lingkungan sekitarnya atau dengan cara menumbuhkan filamen-filamen pada tubuhnya sehingga menyerupai tumbuhan laut.

Komentar