Varietas Unggul Wortel Gundaling Dari Berastagi Sumatera Utara

oleh -160 views
Ilustrasi Wortel Gundaling
Ilustrasi Wortel Gundaling - Foto : Dok. Nonikhairani

Panennews.com – Siapa yang tak kenal wortel ?. Tentu tanaman ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tanaman dengan spesies Daucus carota L. ini memang kaya akan kandungan vitamin A. Selain itu juga jenis umbi yang satu ini juga dapat tumbuh subur di bumi nusantara ini.

Salah satu yang menjadi verietas unggulan jenis wortel yaitu Gundaling. Dikutip dari rilis resmi Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) Kementerian Pertanian, varietas ini resmi didaftarkan pada tahun 2018.

Asal pertanaman wortel Gundaling berada di Desa Raya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
Ciri dari jenis wortel ini yaitu tinggi tanaman sekitar 110 – 116.5 cm.

Baca Juga :   Akhirnya Pesisir Selatan Memiliki Kawasan Pertanian Bawang Merah

Adapun bentuk daunnya bulat, tepi daun bergerigi, dan ujungnya meruncing.Dari warna daunnya, Gundaling mempunyai warna permukaan daun bagian atas hijau sampai hijau tua. Adapun pada permukaan bawahnya berwarna hijau. Panjang tangkai yang dimiliki varietas ini berkisar 15 -20 cm yang berwarna hijau.

Dari sisi bijinya berbentuk bulat pipih, warnanya kecoklatan, dan bobot berat per umbi sekitar 120 – 250 gram.

Yang cukup bisa diandalkan pada varietas ini yaitu ketahanan dari beberapa penyakit. Salah satunya peka terhadap bercak daun (Cercospora) dan busuk (Alternaria dauci kuhn).

Baca Juga :   Komitmen Dirjen Horti Melakukan Percepatan Produksi

Namun demikian, jenis varietas wortel lokal ini juga rentan terhadap ulat tanah (Agrotis ipsilon hufn), kutu daun (Aphid, Aphis, Spp), dan lalat atau magot (Psola rosae).

Sedangkan bentuk umbinya  bulat memanjang dengan warna daging dan empelurnya oranye cerah. Tanaman ini diperkirakan dengan tingkat produksi yang cukup tinggi yaitu berkisar 25 Р30 ton per hektar.

Adapun lahan area untuk menanam jenis varietas wortel lokal ini pada dataran tinggi berkisar 900 – 1.500 m dpl.

Komentar