Tepung Ganyong Ternyata Baik Lho Untuk Dijadikan Olahan Makanan Bayi

oleh -5 views
Ilustrasi Umbi Ganyong
Ilustrasi Umbi Ganyong - Foto : Kompasiana

Panennews.com – Kala hujan mungkin saja anda bisa menikmati rebusan ubi atau singkong goreng dengan ditemani secangkir kopi. Sungguh nikmat makanan umbi-umbian tersebut, apalagi selagi masih hangat tentu akan lebih lezat untuk disantap.

Banyak sekali jenis umbi-umbian dan talas-talasan yang tumbuh subur di Indonesia. Minimal ada sekitar 65 jenis umbi-umbian yang dapat hidup subur, diantaranya garut, talas, gembili, uwi, ubi jalar, ubi kayu, maupun ganyong.

Akan tetapi dari banyaknya jenis umbi-umbian tersebut masih sangat jarang dikelola menjadi produk turunan yang meningkatkan nilai ekonomis. Olahannya biasanya masih tergolong sederhana yang cukup hanya di rebus maupun di goreng.

Baca Juga :   Mengenal Fungsi Traktor Pada Alat Pertanian Modern

Ternyata tanaman ganyong merupakan jenis umbi-umbian yang potensial untuk dapat dikembangkan. Ganyong atau dalam bahasa lainnya Canna edulis masih dalam satu keluarga Cannaceae.

Jenis umbi ini cukup baik menjadi sumber karbohidrat untuk tubuh. Jika dikembangkan menjadi produk turunan tepung, maka jenis tepung dari ganyong ini sangat baik untuk olahan makanan bayi.

Karena tepung ganyong dapat dengan mudah di cerna, sehingga akan cukup baik untuk jenis makanan bayi atau untuk konsumsi orang sakit.

Selain itu, Di kutip dari laman Balai Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pertanian Jogjakarta dalam tanaman ganyong ini juga mengandung kadar karbohidrat sekitar 22.6 – 23.8 persen. Rendemen tepung ganyong 11,43% serta rasio amilosa dan amilopektin 18,8% dan 81,4 %.

Baca Juga :   Perinus Gaet Pemerintah untuk Kembangkan Industri Sektor Perikanan dan Kelautan

Keunggulan tepung  ganyong adalah dapat mensubstitusi tepung terigu dalam memproduksi aneka olahan makanan ringan hingga 100%.

Komentar