Tak Hanya Obat Herbal, Kayu Secang Juga Bisa Untuk Pewarna Tekstil

oleh -3 views
Ilustrasi Pohon Secang
Ilustrasi Pohon Secang - Foto : Dok. Hellosehat.com

Panennews.com – Jika anda penyuka minuman herbal, secang kiranya sudah tidak asing lagi di telinga anda. Kayu rempah dengan nama latin Caesalpinia sappan ini memang kaya akan manfaat.

Pohon dengan nama lain sepang ini merupakan pohon perdu yang masuk dalam anggota keluarag suku polong-polongan (Fabaceae). Tinggi pohon ini berkisar antara 4- 10 meter, pohonnya berduri dengan daun menyirip.

Pohon ini tumbuh subur di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Komoditi rempah ini sudah sangat terkenal dari zaman dahulu yang dimanfaatkan dari kulit dan batang kayunya.

Baca Juga :   Buah Kecapi Yang Kaya Akan Kandungan Nutrisi

Kandungan yang terdapat dalam tanaman ini berupa minyak astiri, polifenol, flavanoid, hingga senyawa anti bakteri, tannin.

Biasanya olahan rempah dari kayu ini dijadikan minuman herbal. Campuran yang biasa dilakukan dengan seduhan jahe, kunyit, kayu manis, hingga temu lawak.

Akan tetapi, tak hanya sebagai seduhan minuman herbal saja. Di dalam kayu secang ternyata mengandung zat brazilin sebagai pewarna tekstil alami. Ciri dari zat ini adalah mengeluarkan warna merah.

Semantara itu, pohon secang dapat hidup di dataran rendah maupun tinggi. Akan tetapi pohon ini membutuhkan sinar matahari dengan intensitas yang cukup banyak untuk menunjang pertumbuhan yang baik. Walapun pada suhu dingin pohon ini pun dapat hidup.

Baca Juga :   Buah Mengkudu Sebagai Obat Herbal Yang Penuh Khasiat

Tak hanya di tanam pada area terbuka saja, kabar baiknya secang juga dapat di tanam pada pot maupun polybag. Akan tetapi ukuran potnya pun harus disesuaikan. Ukuran dengan kisaran diameter 30 cm sudah dapat digunakan untuk menanam pohon ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *