Solusi Cerdas Dengan Mesin Pengering Kista Artemia Untuk Pakan Benur Udang

oleh -3 views
Alat Pengering Kista Artemia
Alat Pengering Kista Artemia Untuk Pakan Benur Udang dan Ikan - Foto : KKP

Panennews.com – Dalam budidaya udang dan ikan, jenis pakan dari artemia tentu sudah sangat familiar. Biasanya khusus untuk benih udang dan bibit ikan yang relatif kecil membutuhkan makanan yang sesuai. Maka pemberian kista artemia biasanya menjadi salah satu alternatif yang paling populer.

Pemberian pakan dengan artemia ini memang cukup memberikan dampak yang positif. Diantaranya yaitu untuk keberlangsungan hidup (survival rate) pada udang dan ikan yang baik. Selain itu dari sisi pertumbuhannya sendiri bisa dikatakan tumbuh lebih cepat.

Oleh katena itu, diperlukan sebuah inovasi dalam pengembangan dari jenis pakan hidup tersebut. Maka dengan adanya alat pengering kista atemia akan lebih membantu permasalahan pakan tersebut.

Dilansir dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berdasarkan penelitian yang ada, bahwa kista artemia kering adalah telur artemia yang telah dikeringkan dengan cara tertentu menggunakan alat pengering.

Baca Juga :   Kementan Rilis Teknologi Canggih Agriculture War Room (AWR)

Kemudian dikemas sehingga tahan lama dan ketika ditempatkan kembali pada air bersalinitas rendah akan menetas membentuk larva untuk dijadikan pakan hidup untuk larva udang dan ikan.

Jenis mesin pengering dengan tipe drum berputar (rotary drum dryer) diklaim mampu mengeringkan 10 kg kista artemia basah hingga mencapai kadar air kurang dari dari 10% dalam waktu sekitar 8 jam. Untuk hasil nya bisa akhir kista artemia kering yang daya tetasnya lebih dari 70%.

Proses pengeringan tersebut dilakukan secara bertahap. Awalnya suhu diatur untuk ketinggian dengan level rendah yaitu sekitar 35ᵒ C dengan kecepatan angin sekitar 1.5m/detik selama 4 jam. Setelah itu suhu dapat dinaikkan hingga ke ketinggian 40ᵒ C hingga 4 jam.

Baca Juga :   Edukasi Sains Anak-Anak Melalui Science Film Festival 2019

Mesin ini sendiri dibekali dengan motor yang dapat berputar sampai dengan 10 rpm dalam pengadukan. Selama proses pengeringan kista yang ada di dasar drum terangkat dengan adanya baffle dan jatuh kembali seiring dengan naiknya baffle karena berputarnya drum.

Kista yang ada di dalam drum tidak dapat keluar karena tertahan oleh kasa. Selama proses pengeringan, kista yang teraduk sekaligus dihembus oleh udara panas yang suhunya dapat diatur dengan menggunakan thermostat sekitar 35ᵒ C sampai dengan 40ᵒ C.

Selain itu alat ini juga dilengkapi dengan dehumidifier untuk mengurangi kandungan air yang masuk pada
pengering sehingga membantu mempercepat proses pengeringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *