Pohon Aren Yang Kaya Akan Manfaat Dari Daun Sampai Pelepahnya

oleh -1.457 views
Ilustrasi Pohon Aren
Ilustrasi Pohon Aren - Foto : IG/@annasafitri77

Panennews.com – Dalam ingatan kita pastinya jika menilik ke sebuah pohon yang serbaguna dari daun sampai akarnya tentu akan merujuk pada pohon kelapa. Akan tetapi, bukan cuma pohon kelapa saja lho yang serbaguna, tetapi salah satu pohon lainnya yaitu aren juga bisa dibilang tanaman yang fungsional.

Pohon aren atau yang biasa disebut enau masih dalam satu keluarga dengan suku Arecaceae. Jenis pohon ini merupakan varian palma yang cukup penting setelah kelapa.

Pohon yang dalam bahasa latinnya Arenga pinnata ini dapat dikatakan pohon yang serbaguna. Mulai dari daun, buah, batang, hingga pelepahnya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari kehidupan manusia.

Baca Juga :   Buah Kepa, Tanaman Endemik Asli Indonesia

Tentu sudah sangat familiar dengan gula aren. Gula dengan rasa khas yang terbuat dari nira ini merupakan hasil sadapan dari pohon aren. Gula yang terbentuk secara organik ini tentu akan lebih sehat karena nihil dari kandungan zat kimia berbahaya.

Selain itu dari hasil buahnya dapat diolah menjadi kolang kaling. Kudapan khas yang dengan es campur ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup bermanfaat bagi tubuh. Kandungan dalam kolang kaling tersebut diantaranya serat, fosfor, kalsium, dan zat besi.

Baca Juga :   Hebat, Pohon Ini Bisa Tumbuh Dalam Segala Kondisi dan Cuaca

Selain buahnya, ternyata pelepah dari pohon ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pembuatan senar pancing. Dan dewasa ini turunan dari produk yang dapat dikembangkan dari pohon aren ini yaitu tepung aren.

Adapun dari sisi batang dan daunnya dapat dimanfaatkan sebagai atap rumah. Batang pohon ini cukup kuat, sehingga mampu dijadikan pengganti rangka atap pada rumah selain dari batang pohon kelapa.

Komentar