Perlu Dicoba, Ini Dia Cara Mudah Tanam Bawang Merah Dengan Lahan Terbatas

oleh -247 views
Bawang Merah
Ilustrasi Bawang Merah Foto : Freepik

Panennews.com – Rasanya tidak lengkap jika dapur tidak memiliki bawang merah. Hampir semua masakan Indonesia menyertakan bawang merah sebagai bumbu.

Bawang merah sendiri memiliki kandungan serat, vitamin C, kalium dan juga asam folat. Untuk itu, bawang merah efektif mengatasi masalah kesehatan seperti maag, kolesterol, diabetes melitus, masalah pernafasan dan penyakit lain.

Bawang merah merupakan sejenis tanaman umbi yang berasal dari Pakistan, Iran dan juga pegunungan-pegunungan yang berada di sebelah utara kedua negara tersebut. Kini, tanaman yang memiliki nama latin Allium Cepa Var Ascalonicum (L) Back cenderung mudah tumbuh di berbagai tempat dengan iklim apapun, baik yang beriklim dingin, sub-tropis hingga tropis.

Baca Juga :   Fakta Menarik Durian, Buah Dengan Aroma Menyengat

Manfaat yang banyak dari bawang merah ini membuat banyak orang berhasrat untuk bertani. Tetapi di perkotaan, kadang luas lahan menjadi permasalahan tersendiri. Nah, untuk masalah ini, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips menanam bawang merah di dalam pot berikut.

Persiapan Media Tanam

Yang harus dipersiapkan pertama kali agar sukses menanam bawang merah dalam pot adalah dengan mempersiapkan media tanam.

Misalnya, perlu mempersiapkan polybag berukuran sekitar 30 cm x 40 cm dengan jumlah yang sesuai dengan tanaman bawang merah yang ingin tanam, bisa bak bekas, bisa wadah lain sebagai pengganti polybag.

Baca Juga :   Meski Tumbuh Liar, Bunga Katang-Katang Punya Sederet Manfaat

Untuk medianya, siapkan tanah gembur, arang sekam dan pupuk kandang sebagai penyubur dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Setelah itu, bahan-bahan tersebut dicampur dan masukkan ke dalam polybag yang telah disiapkan.

Beri air secukupnya, lalu biarkan media tanam selama kurang lebih 2 hari sampai siap untuk digunakan sebagai lahan tanam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.