Kopi Baringga Wujud Dedikasi Prajurit TNI Untuk Masyarakat

oleh -559 views
Kolonel Pas Anis Nurwahyudi
Kolonel Pas Anis Nurwahyudi di Perkebunan Kopi Baringga - Foto : Panennews/@amar

Panennews.com – Hari masih terlalu pagi, jarum jam baru saja menunjukkan pukul 04.30 WIB. Kami meluncur menerabas derasnya hujan dari Jakarta menuju Bandung. Sepanjang perjalanan guyuran air hujan terus menemani selama lebih kurang 3 jam perjalanan pagi hari tersebut.

Memang hari itu tim Panen News akan mengunjungi perkebunan kopi Baringga yang terletak di Desa Mekarwangi, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Di dataran sekitar 1200 mdpl inilah terhampar perkebunan kopi Baringga hingga ratusan hektare.

Sebelum kami sampai pada desa tersebut sudah terlihat sisiran perkebunan teh, sayuran, dan aneka ragam tanaman hayati lainnya. Cuaca yang dingin dan diselimuti kabut tebal menjadi pemandangan wajib pada area perbukitan di Kabupaten Bandung Barat itu.

Baca Juga :   Bambu Air, Tanaman Hias Indah Di Pandang Mata

Dalam cuaca dengan hujan yang cukup deras bersama kami Kolonel Pas Anis Nurwahyudi yang merupakan motor dari terciptanya kopi Baringga tersebut. Kolonel Pas Anis merupakan Komandan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Danpusdiklat) Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara yang bermarkas di Margahayu, Bandung, Jawa Barat.

Selian Kolonel Anis, kami juga disambut oleh kelompok tani Putra Baringga. Inilah kelompok tani binaan yang ada di sini. Anggota kelompok tersebut merupakan masyarakat yang ada di sekitar perkebunan kopi Baringga.

Baca Juga :   Wakil Ketua DPRD Sulsel Apresiasi Pengembangan Porang dan Walet Kementan

Melalui ‘tangan dingin’ Kolonel Anis itulah ada banyak kelompok tani yang merasakan manfaatnya dari kopi yang juga mempunyai makna Baret Jingga tersebut. Minimal ada 200-an orang yang tergabung dalam kelompok tani Putra Baringga.

Untuk area perkebunan kopi nya sendiri ada pada dua Kabupaten yang berbeda. Di Kabupaten Bandung terletak di  Pangalengan dan Ciwidey. Sedangkan satu lagi terletak di Desa Mekarwangi, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.