KKP-Universitas Wollongong Sepakati Kerja Sama Bidang SDM dan Budidaya Perikanan

oleh -84 views
MoU KKP dengan Universitas Wollongong, Australia
antara Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan Universitas Wollongong, Australia - Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mengaku bangga kembali menyaksikan penandatangan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan Universitas Wollongong, Australia, Minggu (1/3).

Kerja sama tersebut mencakup pengembangan dan peningkatan kapasitas SDM di bidang kelautan dan perikanan, terutama beraitan dengan ekonomi biru, perubahan iklim, perikanan budidaya, dan ketahanan pangan.

Selain itu, poin penting MoU ialah berkaitan dengan tata kelola perikanan dan budidaya, pengelolaan perikanan dan ekonomi kelautan termasuk perikanan tidak sah, tidak dilaporkan dan tidak diatur.

Kemudian perihal lingkungan laut, perbatasan dan batas maritim, penegakan hukum dan regulasi maritim, keamanan dan strategi maritim, kebijakan dan hukum kelautan, serta tata kelola kelautan.

Baca Juga :   KKP Lepas Ratusan Tukik di Ujung Selatan Indonesia

“Tolong izinkan saya untuk menyampaikan penghargaan terbesar saya untuk Universitas Wollongong, khususnya Pusat Nasional Lautan Australia, Sumber Daya dan Keamanan (ANCORS), atas dukungan anda yang berkelanjutan terhadap kerja sama kelautan dan perikanan,” kata Edhy usai penandatanganan MoU.

Menteri Edhy memaparkan, KKP dan Universitas Wollongong telah bekerja sama sejak 2011, ketika 30 staf KKP menghadiri Pelatihan Hukum Kelautan Internasional di Australian National Centre of Ocean, Resources and Security (ANCORS). Kemudian bentuk kerja sama terakhir antara kedua belah pihak, yaitu Program Negosiasi Perikanan yang dilakukan di Jakarta, pada 6-10 Mei 2019 dan 9-13 September 2019, didukung oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia.

Baca Juga :   Mentan SYL Dorong Petani Gunakan KUR Sebagai Modal Utama dalam Usaha

“Pelatihan-pelatihan itu membekali para pejabat kementerian dengan pengetahuan tentang hukum dan kebijakan terkait laut dan perikanan internasional serta keterampilan dalam bernegosiasi dengan organisasi internasional dan negara-negara lain dalam forum bilateral dan multilateral,” sambungnya.

Karena itu, Menteri Edhy optimistis, MoU ini akan menjadi modal yang baik untuk memupuk kerja sama antar dua negara, dan mendorong kedua belah pihak untuk berpartisipasi aktif dalam memastikan implementasi konkrit dengan menyetujui rencana kerja.

“Sekali lagi, saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah mengundang saya dan untuk semua mitra yang membuat pertemuan penting ini terjadi,” jelasnya.

(Sumber : Biro Humas dan Kerja Sama Luar Negeri KKP RI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.