Kaya Manfaat Dari Air Cucian Beras Yang Bisa Dijadikan Pupuk Organik

oleh -39 views
Ilustrasi Air Cucian Beras
Ilustrasi Air Cucian Beras - Foto : Pixabay/@JIb_Enjoy

Panennews.com – Beras merupakan dasar makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, selain itu beras juga bersifat serbaguna dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan rasa dan bumbu apapun.

Di Indonesia, ada berbagai jenis beras, seperti beras butir panjang, beras putih, beras gandum utuh, beras Basmati, beras Jasmine, aromatik, dan beras Japonica.

Selain ragam dan varietasnya yang banyak, ternyata beras memiliki sesuatu yang dapat diolah menjadi pupuk organik yang sangat bermanfaat untuk tanaman. Salah satunya yaitu air dari proses pencucian beras.

Mungkin belum banyak yang tau bahwa air cucian beras atau yang biasa disebut dengan air leri mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tanaman sehingga bisa menjadikan tanaman lebih subur.

Air cucian beras mengandung 90% karbohidrat yang berupa pati, vitamin, mineral serta berbagai protein. Karbohidrat dalam jumlah yang tinggi akan membantu proses terbentuknya hormon tumbuh berupa Auksin, Giberelin dan Alanin.

Ketiga jenis hormon tersebut bertugas merangsang pertumbuhan pucuk daun, mengangkut makanan ke sel-sel terpenting daun dan batang. Selain nutrisi, di dalam air cucian beras juga mengandung bakteri yang dapat mencegah hama dan membuat tanaman menjadi lebih subur dan segar.

Baca Juga :   Tak Harus Di Area Luas, Temulawak Juga Bisa Ditanam Pada Pot dan Polybag

Untuk proses pengaplikasian langsung ke tanaman, pertama-tama air bekas cucian beras perlu ditampung dan didiamkan selama 1-2 menit dalam suatu botol atau ember. Kemudian air dapat disiramkan pada tanah di sekitaran perakaran tanaman.

Perlu diperhatikan bahwa siraman air beras hendaknya tidak mengenai daun atau bunga dari tanaman karena dapat meninggalkan bercak-bercak putih yang dapat merusak keindahan tanaman.

Selanjutnya, untuk aplikasi dengan cara difermentasi terlebih dahulu perlu disiapkan bahan-bahan seperti air cucian beras, tepung beras, bekatul, gula, starter bakteri (M4), serta bahan lain seperti ketela, ubi atau buah-buahan jika diperlukan.

Baca Juga :   Pemerintah Keluarkan Kebijakan Pupuk Bersubsidi Bagi Kelompok Tani

Pupuk cair ini tidak hanya dipakai untuk pemenuhan nutrisi lanjutan pada tanaman muda atau telah dewasa dan siap berbunga, namun dapat pula diaplikasikan sebagai pupuk awal atau diberikan pada saat persemaian bibit tanaman.

Satu hal lagi, ternyata kandungan vitamin dan bahan-bahan lainnya dalam air cucian beras bukan hanya bisa bermanfaat bagi tanaman, namun juga untuk perawatan tubuh. Dari beberapa literatur yang ada bahwa selama berabad-abad, banyak wanita di kawasan Asia menggunakan air cucian beras untuk merawat wajah, kulit tubuh, dan rambut.

Komentar