Ini Dia Tips Ngopi Sehat Ala Kolonel Pas Anis Nurwahyudi Yang Perlu Anda Ketahui

oleh -801 views
Kolonel Pas Anis Nurwahyudi
Kolonel Pas Anis Nurwahyudi Dalam Sebuah Upacara di Korpaskhas, Bandung - Foto : paskhas.mil.id

Panennews.com – Ada hal menarik dalam kunjungan tim Panen News ke perkebunan kopi Baringga di Desa Mekarwangi, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Adalah Kolonel Pas Anis Nurwahyudi yang menjadi motor sekaligus pembina ratusan anggota kelompok tani Putra Baringga. Selain prajurit TNI, ia juga piawai dalam dunia perkopian.

Melalui dedikasinya pada dunia perkebunan kopi, sudah ratusan orang merasakan dampak yang cukup signifikan. Utamanya dari hasil kopi Baringga, para petani kopi lokal  yang ada di Kabupaten Bandung Barat ini semakin meningkat taraf pendapatannya.

Kopi dengan aroma khas dari varian Arabika ini merupakan salah satu jenis kopi premium yang sudah dipasarkan hingga ke Rusia dan Perancis.

Dalam kunjungan Panen News ini kami berbincang santai dengan Komandan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Danpusdiklat) Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara ini. Dalam perbincangan ini, Kolonel Anis memberikan tips bagaimana cara ia mengkonsumsi kopi, tapi tetap menyehatkan.

Baca Juga :   Porang Komoditas Unggulan Pertanian Masa Depan

Tips pertama yang biasa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi kopi tanpa campuran apapun. Kopi yang sehat, menurutnya, yaitu kopi dengan tanpa dicampur apapun, termasuk gula.

Salah satu kopi sehat ialah dengan biji kopi pilihan yang diolah dengan kualiti kontrol yang ketat serta tidak dicampur dengan apapun. Justru kopi dengan campuran gula berlebihan akan tidak sehat. Tentu rasa pahitnya kopi juga bisa disesuaikan dengan takaran yang pas.

Lebih lanjut, Danpusdiklat Paskhas ini menjelaskan bahwa penting jika sebelum minum kopi, perut harus diisi terlebih dahulu. Minimal makan roti atau kue, sehingga bukan perut kosong yang langsung diisi dengan kopi. Bisa jadi malah tambah mules dan mual.

Baca Juga :   Ini Dia Jenis Kopi Dengan Rasa Khas Yang Diminati Pasar Internasional

Hal penting lainnya dari tips ngopi sehat ala Kolonel Anis juga harus diimbangi dengan minum air putih yang sesuai. Jangan ambil resiko pada ginjal anda dengan mengkonsumsi kopi berlebihan tanpa memikirkan asupan air putih yang cukup.

Ia mengungkapkan bahwa setiap hari bisa mengkonsumsi kopi hingga 2-3 cangkir. Akan tetapi ia imbangi dengan banyak minum air putih. Sehingga ngopi enak, sehat dengan banyak mengkonsumsi air putih juga.

Itulah tips ngopi sehat ala Kolonel Anis, maka ia merasa dengan cara ngopi tersebut jarang sekali mengeluhkan penyakit lambung dan pencernaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.