Industri Cold Storage Penopang Sebuah Penyimpanan Komiditi

oleh -16 views
Cold Storage
Cold Storage Di Muara Baru, Jakarta - Foto : Dok. Istimewa via Kumparan

Panennews.com – Sebuah komoditi dengan tingkat kuantitas yang tinggi tentu membutuhkan tempat yang dapat mempertahankan kesegarannya. Misalnya saja hasil panen ikan dengan tonase banyak akan membutuhkan sebuah ruang dan tempat penyimpanan.

Untuk itulah cold storage (penyimpanan dingin) menjadi salah satu solusi terbaik. Tak hanya komoditi yang sifatnya mentah, tetapi jenis ruangan tempat pendingin ini juga dapat digunakan sebagai penyimpanan produk-produk makanan.

Cold storage dibuat dan dirancang dengan temperatur suhu tertentu untuk mempertahankan kesegaran dari produk atau sebuah komoditi. Oleh karenanya umumnya jenis tempat pendingin ini terbagai dalam beberapa macam antara lain chilled room, freezer room, blast chiller, dan blast freezer.

Tentunya dari masing-masing jenis cold storage tersebut mempunyai fungsinya masing-masing. Tentunya ruangan pendingin ini juga mampu diaplikasikan dalam hal lainnya seperti reefer truck (truk berpendingin) dan modern cold-logistics untuk kebutuhan distribusi.

Baca Juga :   Keuntungan Budidaya Bisnis Bibit Durian yang Menggiurkan

Tingkat kebutuhan ruang pendingin ini memang cukup penting. Di tahun 2019 saja pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan telah membangun cold storage raksasa di di Jalan Muara Baru Raya, Penjaringan, Jakarta Utara yang berkapasitas 1000 ton.

Tempat ini difungsikan sebagai buffer stock untuk penampung ikan-ikan dari beberapa sentra industri saat musim ikan. Sehingga tempat ini juga dapat menanggulangi kelangkaan ikan saat paceklik ikan.

Tentunya tak hanya milik pemerintah saja, di sebagian wilayah Indonesia, cold storage yang dibangun dan dikembangkan oleh pihak swasta. Perkembangan produk-produk industri pendingin ini juga cukup menggembirakan yang dapat tumbuh berkisar 12% di tahun 2019.

Komentar