Buah Kecapi Yang Kaya Akan Kandungan Nutrisi

oleh -17 views
Ilustrasi Buah Kecapi
Ilustrasi Buah Kecapi - Foto : Pinterest/@vie Norr

Panennews.com – Namanya buah kecapi, tetapi bentuknya lebih mirip bola tenis dengan warna kuning tembaga. Bagian dalamnya tampak seperti buah manggis. Ada bagian-bagian daging buah yang berpola seperti bunga melingkar. Rasanya masam sedikit manis, mirip dengan manggis. Biasanya dalam satu buah ada empat sampai lima biji.

Di beberapa tempat, buah ini familiar dengan nama Sentul, orang Madura menyebutnya Sentol. Hal ini sama dengan penamaan Kecapi dalam bahasa Inggris, sentol, santol, atau wild mangosteen. Sementara dalam bahasa Latin dikenal dengan nama Sandoricum koetjape.

Jika dilihat dari dua sebutan asing tersebut, penamaan dalam bahasa Indonesia adalah penamaan yang diserap dari bahasa Inggris dan Latin.

Dilansir dari krbogor.lipi.go.id, di Eropa tanaman kecapi ini bahkan dibudidayakan dengan ditanam dalam rumah kaca. Dengan usaha itu, buah kecapi ini dapat tersedia dalam jumlah yang melimpah di pasar lokal.

Baca Juga :   Yuk Kenali Lebih Dekat Jamur Shiitake atau Hioko

Dalam literatur di Kebun Raya Bogor disebutkan bahwa ada dua macam Kecapi, yakni pohon dengan daun tua sebelum gugur berwarna kuning dan yang berwarna merah.

Dahulu, kedua varietas ini dianggap sebagai spesies yang berbeda, yakni Sandoricum indicum untuk yang berdaun kuning dan Sandoricum nervosum untuk yang berdaun merah.

Saat ini buah tersebut sudah jarang ditemui, bahkan di pasar tradisional pun hanya sedikit pedagang yang menjualnya. Padahal buah ini kaya akan manfaat.

Sama halnya dengan buah-buahan lainnya, buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini karena buah Kecapi ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin. Diantaranya karbohidrat, kalium, kalsium, fosfor, vitamin C, dan zat besi.

Dr. Danny dalam alodokter.com menyatakan bahwa buah kecapi memiliki berbagai manfaat yang dipercaya dapat memperbaiki daya tahan tubuh, sebagai antioksidan, kaya akan vitamin C, serta anti karsinogenik.

Baca Juga :   Urban Farming Solusi Berkebun Di Kota Metropolitan

Sementara itu, buah kecil yang pohonnya dapat tumbuh sangat tinggi sampai 30 meter dengan diameter menacapai 90 meter ini dipercaya juga bermanfaat menurunkan kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL) karena buah Kecapi mengandung serat dan senyawa yang disebut pektin.

Berbagai referensi menyebutkan berbagai bagian pohon kecapi juga memiliki khasiat obat. Rebusan daunnya secara tradisional digunakan sebagai penurun demam dan mengatasi gejala sakit perut Kandungan rasa manis dan asam yang ada pada buah kecapi dapat membantu meredakan rasa nyeri pada perut.

Sementara nutrisi yang terkandung pada buah kecapi diyakini dapat memperlancar pencernaan. Serbuk kulit batangnya untuk pengobatan cacing gelang. Akarnya untuk obat kembung, sakit perut dan diare. Selain itu, juga membantu memberi energi bagi wanita setelah melahirkan.

Komentar