Buah Durian, Mengenal Musim Hingga Prospek Bisnisnya

oleh -836 views
Ilustrasi Buah Durian
Ilustrasi Buah Durian - Foto : Freepik

Panennews.com – Durian merupakan salah satu buah tropis yang disukai banyak orang. Selain rasanya yang lezat, buah yang berasal dari Asia Tenggara ini juga mengandung banyak gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh sehingga gak heran rasanya jika buah durian menjadi buah favorit bagi banyak orang.

Beberapa daerah di Indonesia buah dengan nama latin Durio zibethinus ini memiliki sebutan lokal yang berbeda-beda. Di Jawa dan Betawi
dikenal dengan sebutan duren. Sementara di Sunda dikenal kadu. Orang Manado menyebutnya duriang, sementara masyarakat Toraja familiar dengan nama duliang. Tetapi walaupun berbeda-beda, kesemuanya menunjuk pada buah yang penuh duri dan aroma menyengat itu.

Musim Durian

Musim durian di Indonesia seringkali beragam. Dilansir dari travel.kompas.com, pada bulan Juli-Agustus biasanya musim durian berlangsung di daerah Medan dan Aceh. Sementara pada September-Desember musim panennya akan pindah ke Semarang dan Bogor.

Baca Juga :   Menteri SYL Dua Kali Lepas Ekspor Dalam Sehari, Hadirkan Efisiensi Berusaha Di Tengah Pandemi

Satu bulan berikutnya, giliran Banten, Palembang, dan Bengkulu. Untuk Jawa Timur biasanya akan panen pada bulan Februari-April. Bulan-bulan tersebut bukan sesuatu yang pasti. Pada saat cuaca tidak menentu, bisa jadi durian gagal panen.

Misalnya saat cuaca ekstrim dengan curah hujan tinggi dan angin yang kencang. Cuaca seperti itu dapat  merontokkan buah durian. Bahkan sebelum berbuah, bunga durian sudah banyak yang berguguran.

Peluang Bisnis

Saat ini, durian bukan hanya menjadi buah yang dijual sederhana yang siap dimakan, tetapi juga banyak pengusaha kreatif yang sudah mengolahnya menjadi banyak panganan.

Dari yang paling sederhana seperti es durian, pancake durian, sampai brownies durian. Bukan hanya panganan, bibit durian pun bisa dijadikan prospek usaha.

Harga jual bibit durian ini relatif mahal. Apalagi bibit durian tersebut, merupakan durian yang tergolong berkelas seperti durian Montong yang berasal dari Medan, Bawor, dan durian Musang dari Ambon.

Baca Juga :   Punya Kontribusi Ekonomi dan Berdayakan Warga, Bupati Gunungkidul Minta Program Peremajaan Tanaman Kelapa

Berbicara tentang durian Musang, sebenarnya nama durian ini dilatarbelakangi penelitian ahli botani Jerma, Georg Eberhard Rumphius yang melihat penduduk Ambon, Maluku menggunakan aroma durian untuk menangkap musang.

Tips Menanam

Walaupun bisnis durian ini tergolong prospek, beberapa orang menyatakan susah membudidayakannya. Padahal, asal ada lahan yang baik, durian akan tumbuh dan berbuah secara baik.

Untuk memilih lokasi, beberapa hal perlu diperhatikan diantaranya pada lingkungan tropis dengan ketinggian 50 – 1000 mdpl. Dari sisi kandungan keasaman tanahnya berkisar 7pH. Lebih lanjut dari jenis tanah jenis latosol, podsolik serta andosol. Serta suhu berkisar antara 24-30 derajat celcius.

Selain lokasi, tentu yang juga perlu diperhatikan adalah mencari bibit yang sehat dan bebas dari penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.