Apa Itu Black Soldier Fly (BSF) dan Maggot, Lalat Yang Bermanfaat Untuk Ternak

oleh -13 views
Black soldier fly
Ilustrasi Black soldier fly - Foto : Wikipedia

Panennews.com – Berbicara lalat mungkin ada akan merasa geli, kotor, ataupun banyak penyakit. Akan tetapi tak semua lalat itu merugikan bagi kehidupan manusia. Ada lho lalat yang dapat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Salah satunya sebagai alternatif pakan ternak dengan protein yang tinggi.

Adalah Black Soldier Fly (BSF) atau Lalat Tentara Hitam, merupakan salah satu dari sekian banyak jenis lalat yang dapat ditemukan di sampah organik. Ciri utama dari lalat ini adalah sebagian besar tubuhnya berwarna hitam. Dibagian perut terdapat tabung meruncing yang hampir sama di miliki oleh tawon.

Baca Juga :   Kementan Tergetkan Swasembada Daging Sapi

Dilansir dari laman MaggotBSF.com jenis hewan dengan nama latin Hermetia Illucens ini fase hidupnya berkisar sekitar 7 hari. Uniknya BSF ini tidak makan, tetapi yang dibutuhkannya hanya minum.

Sama seperti pada hewan lainnya, lalat hitam ini juga terdapat spesies jantan dan betina. Pada saat bertelur, jenis lalat ini dapat menghasilkan sekiar 500 sampai dengan 900 telur yang akhirnya menjadi sebuah larva (Maggot).

Diketahui bahwa maggot tersebut hanya memakan limbah organik. Faktor ini dipengaruhi oleh ususnya yang terdapat bakteri selulolitik untuk menghasilkan enzim selulase yang berperan dalam hidrolisis selulosa. Dari sekitar 10.000 larva dapat melahap sekitar 1 kilogram sampah organik.

Baca Juga :   Ternyata Semut Bisa Hasilkan Untung yang Menjanjikan

Kemampuan dalam menghabiskan limbah organik inilah yang mampu membuat maggot mulai dilirik dan dibudidayakan sebagai satu alternatif hewan yang berguna untuk mengurangi limbah.

Kandungan protein yang tinggi dari maggot ini, maka nantinya akan diolah menjadi pakan dengan harga yang cukup terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *