4 Varietas Unggul Pada Pohon Kelapa Yang Ada Di Indonesia

oleh -1,266 views
Ilustrasi Pohon Kelapa
Ilustrasi Pohon Kelapa - Foto : Freeimages/tiago pantaleao

Panennews.com -Tanaman kelapa merupakan tanaman yang masuk dalam marga Cocos dari suku aren atau Arecaceae. Tanaman dengan nama ilmiah Cocos nucifera dapat tumbuh subur pada wilayah sub tropis di lintasan khatulistiwa.

Maka dari itu tak heran bahwa letak geografis Indonesia yang ada di khatulistiwa, membuat jenis tanaman berakar serabut ini tumbuh subur. Indonesia merupakan produsen kelapa terbesar di dunia. Bahkan di tahun 2018 saja, produksi nasional dapat mencapai sekitar 18 juta ton per-tahun.

Adapun negara-negara tujuan ekspor dari produk turunan tanaman nyiur ini diantaranya Rusia, Eropa, Tiongkok, Brazil, Paraguay, hingga Mesir.

Kesuksesan produksi kelapa ini tak lepas dari berbagai jenis varietas yang ada. Minimal ada 4 jenis varietas dari pohon ini yaitu Kelapa Dalam, Kelapa Genjah, Kelapa Kopyor, dan jenis Kelapa Hibrida.

Baca Juga :   Manggis Dan Salak Asal Indonesia Jadi Primadona Di Jerman

Dalam pengembangannya jenis Kelapa Dalam juga terbagi beberapa varietas seperti Kelapa Dalam Mapanget (DMT), Kelapa Dalam Tenga (DTA), Kelapa Dalam Palu (DPU), Kelapa Dalam Bali (DBI), dan sebagainya.

Beberapa varietas dari jenis ini dapat di kembangkan pada daerah pengembangan lahan kering iklim basah dengan curah hujan <1500 mm per-tahun. Bahkan DTA sendiri dapat dikembangkan dengan curah hujan <2500 mm per-tahun dan tahan terhadap kekeringan sampai 3 bulan.

Sementara itu, untuk jenis Kelapa Genjah juga memiliki beberapa varietas unggulan. Diantara varietas tersebut seperti Kelapa Genjah Kuning Nias, Kelapa Genjah Kuning Bali (GKB), Kelapa Genjah Raja (GRA), Kelapa Genjah Salak (GSK).

Baca Juga :   Tanaman Bunga Cempaka Putih yang Kaya Akan Manfaat

Varietas Kelapa Genjah umumnya ditanam di dataran rendah sampai ketinggian < 500 meter dpl dengan curah hujan 1500 – 2500 mm per-tahun.

Salah satu contohnya jenis varietas Kelapa GKB mulai berbuah pada umur 40 bulan. Produksi tandan rata-rata 12-14 buah per pohon, jumlah buah 9-12 butir per tandan atau sebanyak + 60-110 butir/pohon/tahun.

Adapun jenis varietas lainnya yaitu Kelapa Kopyor. Varietas ini juga mempunyai beberapa ragam jenisnya antara lain Kelapa Kopyor Varietas Genjah Kuning, Coklat, Hijau, dan Puan Kaliandra.

Adapun varietas terakhir yaitu jenis Hibrida yang terdiri dari varietas Hibrida Khina-1 sampai dengan Khina-5.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.