SKPT Sumba Timur Jadi Percontohan Industrialisasi Rumput Laut Nasional

oleh -22 views
Rumput Laut
Ilustrasi Budidaya Rumput Laut - Foto : Pinterest/@amazinglife

Panennews.com – Rumput laut sebagai komoditas andalan di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Sumba Timur, terus didorong bukan hanya dari segi produktivitas, tapi juga sisi hilir guna mencetak rumput laut berkualitas ekspor. Komoditas rumput laut selama ini mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Sumba Timur.

Tercatat sejak 2015 hingga 2019, rata – rata pendapatan bersih pembudidaya rumput laut per tahun meningkat hingga hampir 2 kali lipat. Dari sebelumnya Rp53.3 juta per pada 2015 menjadi Rp105.3 juta per tahun pada 2019.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto menyatakan dengan potensi rumput laut yang luar biasa besar di Sumba Timur, jika mampu dimanfaatkan secara optimal dengan penggunaan bibit unggul seperti hasil kultur jaringan, maka akan turut mensuplai ketersediaan bahan baku industri yang berkualitas dalam mendukung program Presiden Joko Widodo dalam rangka percepatan industrialisasi rumput laut.

Sebelumnya Presiden Jokowi telah menetapkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 tahun 2019 tentang Roadmap Industrialisasi Rumput Laut Nasional. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjawab tantangan tersebut dengan menyiapkan berbagai strategi percepatan peningkatan produksi rumput laut dalam peta jalan industrialisasi rumput laut nasional hingga 5 (lima) tahun mendatang.

“Industrialisasi rumput laut nasional merupakan sebuah langkah strategis yang akan menjembatani keterlibatan lintas sektoral dari mulai proses produksi di hulu hingga ke proses pengolahan dan pemasaran di hilir. Hal ini serupa dengan yang KKP telah lakukan di SKPT Sumba Timur dan akan diimplementasikan secara nasional,“ ujar Slamet.

Sebagai gambaran, proses bisnis yang dilakukan di SKPT Sumba Timur dimulai dari penetapan lokasi sentra budidaya rumput laut di daerah Woba, dimana semua proses budidaya mulai dari persiapan hingga siap untuk dijual dilakukan di satu lokasi.