Pengurus Wanita Tani HKTI DKI Jakarta Kunjungi Perkebunan Kopi Baringga

oleh -31 views
Perempuan Tani HKTI
Perempuan Tani HKTI DKI Jakarta dan Kelompok Tani Putra Baringga di Bandung, Jawa Barat - Foto : Dok. Istimewa

Panennews.com – Perempuan Tani dari Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) DKI Jakarta berkunjung ke Desa Mekarwangi, Kecamatam Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, untuk melihat desa binaan dan Kelompok Tani Putra Baringga selaku kelompok tani binaan dari Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU. (Selasa, 25/03).

Rina Fitri selaku Ketua Umum Perempuan Tani HKTI DKI Jakarta memimpin rombongan dan beraudiensi dengan Kolonel Pas Anis Nurwahyudi yang juga menjabat sebagai Komandan Pusdiklat Pasukan Khas TNI AU di Markas Komando Korps Paskhas TNI AU, Margahayu, Bandung.

Dalam kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Bendahara Umum Syaikha Aulia yang juga cucu pertama Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin bersama rombongan.

Baca Juga :   4 Fakta Unik Yang Ada Pada Tanaman Kopi

Setelah audiensi dan ramah tamah acara berlanjut ke perkebunan kopi Baringga di dataran tinggi Kabupaten Bandung tersebut.

Sementara itu, Kolonel Pas Anis Nurwahyudi menjelaskan tentang awal mula Baringga berjalan dan inspirasi hadirnya pembinaan kepada masyrakat yang di awali dengan keprihatinan terhadap kerusakan hutan tempat latihan pasukan Khas TNI AU dan perekonomian masyarakat sekitar Tuhan tersebut.

Acara yang berlangsung sekitar lima jam ini di lakukan perjalanan melihat lahan hutan sosial yang di manfaatkan untuk menanam kopi Baringga hingga bertemu dengan para pelaku kelompok tani binaan Korps Pasukan Khas.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Jauh Teknik Proses Roasting Pada Kopi

Menurut  Rina Fitri bahwa kegiatan Korps Paskhas sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam berproses dan pembinaan Korp Paskhas  ini memiliki dampak langsung kemasyatakat dalam meningkatkan soal ekonomi masyrakat serta yang terpenting edukasi mengenai penjagaan linkungan.

Sementara itu Aulia dan rombongan merasa senang karena dapat mendapatkan pelajaran mengenai kopi. Dari  cara menanam kopi hingga memilih biji kopi yang baik. Selain itu, ia juga senang dapat mencicipi langsung kopi Baret Jingga yang namanya diberikan oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang telah bersertifikat Excellent tersebut.

Komentar