Kenali Kandungan Nutrisi dan Manfaat Pada Buah Tampoi

oleh -8,804 views
Ilustrasi Buah Tampoi
Ilustrasi Buah Tampoi - Foto : Flickr/@ Chong SPhing

Panennews.com – Buah tampoi, biasa disebut tampui kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin. Buah yang cukup langka ini hidup di sekitar daerah hutan tropis Kalimantan. Ternyata buah ini banyak sekali mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Lalu apa saja kandungan buah dengan nama latin Baccaurea macrocarpa ini ?, berikut ulasannya.

Antioksidan Tinggi

Radikal bebas yang dapat memicu terjadinya kerusakan sel dapat dinetralisir dari buah ini. Menurut beberapa penelitian yang ada, buah ini memiliki kandungan antioksidan yang kuat. Kulit dari buah ini mengandung golongan senyawa alkaloid dan pelifenol.

Baca Juga :   3 Buah Ini Bisa Menurunkan Kolesterol Usai Makan Daging Kurban

Selain itu, buah yang sering disebut kapul ini juga mengandung fraksi etil asetat yang berfungsi untuk menghambat antibakteri dan pertumbuhan E.coli dan S. aureus.

Kaya Nutrisi

Kandungan nutrisi didalam buah ini diantaranya vitamin C, lemak, karbohidrat, serat, dan kadar air di dalamnya dapat mencapai sekitar 61 persen. Selain itu, di dalam buah ini juga mengandung senyawa kimia golongan alkaloid, saponin, dan flavonoid aktif.

Sebenarnya masyarakat lebih mengenal buah ini untuk berbagai pengobatan secara alami untuk memperlancar haid, nyeri perut, memperlancar urine, serta sebagai pengobatan sembelit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.