Intip Yuk, Metode Vaksinasi Pada Ikan Yang Perlu Anda Tahu

oleh -554 views
vaksin ikan
Proses Vaksinasi Pada Ikan - Foto : BPPP Tegal

Penyuntikan

Metode ini cukup baik diberikan karena vaksin dapat diberikan dan dapat masuk tubuh ikan 100 persen. Syarat yang harus anda lakukan adalah dalam proses ini ikan harus nyaman, jika diperlukan pembiusan pada ikan juga perlu dilakukan.

Proses penyuntikan bisa dilakukan dengan dua cara, pertama memasukkan vaksin ke rongga perut (intra peritoneal / IP). Kedua, masuk melalui otot/daging (intra muscular / IM).

Penyuntikan secara IP biasanya dilakukan di bagian perut, diantara kedua sirip perut atau sedikit di depan anus, dengan sudut kemiringan jarum suntik (needle) kire-kire 30˚. Adapun IM biasanya dilakukan di bagian punggung, pada ikan yang bersisik biasanya dilakukan di sela-sela sisik ke 3 – 5 dari kepala, dengan sudut kemiringan jarum suntik kira-kira 30˚ – 40˚.

Baca Juga :   Indonesia Boyong Produk Perikanan Unggulan Ke Uni Eropa

Pakan Ikan

Metode mencampur pakan ikan dengan vaksin juga bisa menjadi alternatif lainnya. Akan tetapi yang perlu diperhatiakan yaitu cara mencampurnya.

Tips yang bisa anda lakukan adalah dengan cara mengencerkan vaksin beberapa kali dengan air bersih. Hal ini sesuai dengan petunjuk penggunaan yang ada pada tiap jenis vaksin.

Selanjutnya semprotkan larutan tersebut ke pakan secara merata dan keringkan. Setelah kering, maka pakan tersebut bisa langsung diberikan pada ikan.

Catatan yang sangat penting dalam ketiga metode di atas yaitu selalu mengacu pada petunjuk dan cara yang sesuai dengan prosedur penggunaan. Anda bisa bertanya dan berkonsultasi dengan penyuluh dari KKP terdekat di daerah anda tinggal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.