Bahaya, Dampak Negatif Penggunaan Pestisida Kimia Yang Berlebihan

oleh -10 views
Ilustrasi Pemberian Pestisida
Ilustrasi Pemberian Pestisida - Foto : Pixabay/@wuzefe

Panennews.com – Pestisida kimia menjadi sebuah cara praktis oleh sebagian petani guna menanggulangi organisme pengganggu tanaman (OPT). Produk-produk kimiawi yang siap pakai lagi praktis ini membuat pekerjaan lebih mudah untuk area yang luas.

Akan tetapi dampak negatif penggunaaan pestisida kimia yang berlebihan justru akan merugikan. Tidak hanya membahayakan, tetapi juga akan berdampak kurang baik untuk ekosistem dan lingkungan.

Berikut bahaya dan dampak negatif apabila penggunaan pestisida kimia berlebihan.

Kesuburan Tanah

Penggunaan pestisida kimia yang berlebihan dapat mengakibatkan tingkat kesuburan tanah semakin menurut. Sisa-sisa zat kimia yang terserap ke dalam tanah, sebagian tidak bisa terurai dengan baik.

Baca Juga :   Apa Itu Tradisi Wiwitan Saat Masa Panen Pada Masyarakat Jawa ?

Akibatnya endapan zat kimia dalam rentang waktu lama, akan menyebabkan menurunnya tingkat kesuburan tanah. Selain itu, zat-zat tersebut juga akan mencemari air di lingkungan sekitar.

Residu Pada Tanaman

Ada beberapa jenis pestisida yang banyak mengandung bahan kimia sistemik dan mudah terserap tanaman. Salah satunya yaitu jenis insektisida dan fungisida sistemik yang disalurkan melalui tanaman guna menangkal serangga.

Akan tetapi sisa residu dalam jangka waktu yang lama akan membuat dampak tidak bagus untuk tanaman. Bahkan endapan residu tersebut tetap ada hingga musim panen.

Baca Juga :   Tingkatkan Produksi Kedelai, Kementan Manfaatkan Varietas Biosoy

Pertumbuhan Tanaman

Dampak lainnya dari penggunaan pestisida kimia yang berlebihan juga dapat mengakibatkan kerdilnya tumbuh kembang sebuah tanaman. Biasanya ciri-ciri nya tanaman akan mengalami bercak di daun, ukurannya kecil, maupun kurang tumbuhnya buah.

Resistensi Organisme Penggangu

Hama yang kebal dan semakin kuat terhadap pestisida salah satu penyebabnya yaitu penggunaan yang tidak sesuai dengan takaran. Pola kemampuan adaptasi dan evolusi hama dalam mempertahankan hidupnya akan mengikuti dengan pola pemberian pestisida.

Maka tak heran jika hama yang sama akan lebih kebal disempotkan dengan pestisida pada waktu yang akan datang.

Komentar