Apa itu Tanaman Transgenik Dan Bagaimanakah Tanaman ini Dibuat?

oleh -46 views
ilustrasi tanaman
Ilustrasi Tanaman - Foto : Pixabay/@Pexels

Panennews.com – Dilihat dari namanya saja, jenis tanaman ini memang sudah diketahui hasil dari sebuah rekayasa. Di kutip dari Balitbang Pertanian RI, bahwa definisi dari tanaman Transgenik adalah tanaman hasil rekayasa genetik yang diperoleh dengan bantuan bioteknologi.

Inti dari rekayasa genetika pada tanaman ini adalah pada inangnya. Perubahan ini erat kaitannya dengan DNA (Deoxyribonucleic Acid) sebuah tanaman. DNA inilah unit pewaris sifat bagi organisme seperti warna mata, warna mahkota bunga, besar buah dan lainnya.

Hal ini biasa terjadi juga secara alamiah, yaitu bentuk sebuah persilangan tanaman satu dengan tanaman lainnya. Tetapi pada cara tradisional biasanya perpindahan DNA nya tidak terkontrol.

Baca Juga :   Peluang Bisnis Kembangkan Pertanian Organik

Untuk kali pertama, tanaman ini dibuat oleh Herbert Boyer dan Stanley Cohen pada sekitar tahun 1973. Dan antara medio tahun 1988 – 1989 sudah ada lebih dari 40 tanaman transgenik ini diciptakan.

Secara sederhananya jenis tanaman ini dibuat dengan cara mengambil gen-gen yang baik dari makhluk hidup yang nantinya disisipkan pada sebuah tanaman.

Pada penyisipan gen tersebut biasanya melalui sebuah perantara (vector) dengan menggunakan bakteri Agrobacterium tumefeciens, kemudian diinokulasikan pada tanaman yang akan direkayasa.

Tujuan dari pengembangan ini biasanya agar sebuah tanaman tahan terhadap serangan virus, insektisida, maupun herbisida.

Baca Juga :   Tips Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi

selain itu, metode ini juga bisa meningkatkan gizi pada tanaman serta meningkatkan kemampuan sebuah tanaman untuk bisa tumbuh pada lahan yang kering dan ekstrem.

Komentar